Kenapa Anda Harus Coba Okinawa sebagai Destinasi Berlibur di Jepang? - Kompas.com

Kenapa Anda Harus Coba Okinawa sebagai Destinasi Berlibur di Jepang?

Kompas.com - 30/06/2018, 16:20 WIB
Salah satu gerbang di Shurijo Castle Park, Okinawa, Jumat (29/6/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu gerbang di Shurijo Castle Park, Okinawa, Jumat (29/6/2018).

NAHA, KOMPAS.com - Okinawa jadi salah satu tempat di Jepang yang masih jarang dikunjungi wisatawan ASEAN, khususnya Indonesia. Padahal Okinawa punya hal-hal yang unik dibanding kawasan Jepang lainnya.

KompasTravel, Jumat (29/6/2018) berkesempatan mengunjungi dan mengenal lebih dekat daerah Jepang paling Selatan ini, dengan penerbangan teranyar Jetstar Jakarta-Okinawa.

Saat Anda berkunjung ke Okinawa, Anda akan merasa bukan berada di Jepang, karena banyak hal yang berbeda dari Jepang pada umumnya, mulai dari cuaca hingga kebudayaan.

Berikut alasan-alasan, Anda harus jadikan Okinawa sebagai tujuan wisata selanjutnya.

1. Okinawa Punya Percampuran Budaya yang Unik

Okinawa punya sejarah sendiri yang berbeda dengan Jepang pada umumnya, sehingga kebudayaan yang berkembang hingga kini pun jauh berbeda. Kebudayaan di Okinawa sangat dipengaruhi oleh Amerika, China, Jepang, dan sedikit Asia Tenggara.

Baca juga: Okinawa, Destinasi Tropis Asia Tempat Berlibur Turis Amerika dan Eropa

Saat Anda ke sini bukan tidak mungkin akan menemui ada kebudayaan yang sama antara Okinawa dan daerah Anda.

"Dulu pasca Perang Dunia II di sini kan jadi pangkalan militer Amerika, jadi ada pertukaran budaya yang sangat kental, terutama di kuliner western," tutur Ai Munakata, National Government Lisenced Guide and Interpreter Okinawa pada KompasTravel di Okinawa.

Gebang menuju ruangan utama sekaligus terbesar di Shurijo Castle Park, Okinawa, Jumat (29/6/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Gebang menuju ruangan utama sekaligus terbesar di Shurijo Castle Park, Okinawa, Jumat (29/6/2018).
2. Okinawa Merupakan Sisi Lain Jepang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Okinawa sangat berbeda dengan Jepang pada umumnya. Mulai dari suhu saja sudah berbeda, Okinawa satu-satunya daerah Jepang yang masuk sub tropis, dengan suhu kisaran 26-29 derajat Celsius.

Baca juga: Mau Berlibur ke Jepang? Anda Bisa Menginap di Kuil Bersejarah

Okinawa memiliki logat tersendiri, yang berbeda dari bahasa Jepang pada umumnya. Ini karena kerajaan Okinawa dahulu berbeda dengan kekaisaran Jepang sebelum abad ke-19.

Selain itu kepercayaan warga Okinawa pun bukan Shinto, yang jadi kepercayaan mayoritas di Jepang. Kepercayaan masyarakat Okinawa ialah campuran Buddha dan Santo.

3. Pantainya yang Masih Terjaga

Gugusan pantai di Okinawa termasuk yang terbaik di Jepang. Tidak hanya pasir putih dan air yang biru, pantai yang diapit dua lautan besar dunia ini memiliki habitat terumbu karang yang indah. 

Baca juga: Paspor Jepang Paling Kuat di Dunia, Bagaimana Indonesia?

Setiap musim panas, pantai-pantai di Okinawa mulai ramai dikunjugi pada diver untuk melihat keindahan bawah lautnya. Beberapa pantai dengan laut yang indah di Okinawa ialah Pantai Yonehara, Odo Kaigan, Pulau Miyako, Pulau Ishigaki, Pulau Yaeyama, dan masih banyak lainnya.

Semakin ke arah selatan, alam di Okinawa semakin natural dengan pantai-pantainya yang masih jarang "terjamah".

4. Bunga Sakura yang Mekar Lebih Dulu Saat Libur Awal Tahun

Keunikan Okinawa lainnya ialah proses mekarnya buka sakura atau cherry blossom lebih dahulu dibanding kawasan Jepang lainnya. Ini karena posisinya lebih dekat dengan garis ekuator.

Bunga Sakura di Okinawa bisa mekar mulai awal Januari hingga Maret sehingga bertepatan dengan liburan awal tahun masyarakat Jepang.

Mau liburan gratis ke Jepang? Ikuti kuis "Ohayo Jepang"  dengan klik link berikut ini "Mau Liburan Gratis ke Jepang? Ikuti Kuis "Ohayo Jepang" Ini" dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di banner pada bagian bawah artikel.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X