Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakigouri, Es Serut Favorit Obama Bisa Dinikmati di Ennichisai

Kompas.com - 01/07/2018, 11:54 WIB
Gaby Bunga Saputra,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Es serut Kakigouri asal Jepang ini sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca panas. Bahkan Mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama adalah penggemar berat kudapan ini.

Tak perlu jauh-jauh ke Jepang, Anda bisa mencicipi hidangan penutup ini di Ennichisai 2018. Terdapat banyak stan yang menyajikan kakigouri. Anda bisa merasakan es campur manis dengan tampilan menyenangkan ini dengan harga Rp 15.000.

Berbagai pilihan rasa bisa Anda pilih saat merasakan es serut ini. Mulai dari lemon, strawberry, bubblegum, melon, blackcurrent, leci dan mangga.

Namun ada yang beda dengan kakigouri di Ennichisai 2018. Para pedagang memberikan sentuhan manis dan unik dari wadah es serut ini. Kakigouri diberi wadah topi kerucut yang unik dipandang.

Kakigouri yang saya sajikan lebih melimpah es-nya agar pengunjung puas dan saya juga menambahkan wadah topi kerucut agar lebih menarik,” tutur Neli, salah satu pemilik stan es campur kakigori di Ennichisai 2018, saat ditemui di sela-sela festival Ennichisai, Sabtu (30/6/2018).

Es serut ini juga tenar di Hawaii, Amerika Serikat. Mantan presiden Amerika Serikat, Obama, sendiri gemar datang ke toko Island Snow. Seperti dikutip dari New York Times.com, kegemaran Obama adalah es serut dengan sirup melon, cherry, dan lime. Bahkan ada Snowbama, es serut yang didedikasikan untuk Obama.

Ada tradisi tersendiri di keluarga Obama yaitu tiap tahun saat liburan di Hawaii, kampung halaman Obama, mereka akan menyantap kakigouri. Kakigouri memang asal Jepang tetapi menjadi hidangan yang terkenal di Hawaii.

Sejak tahun 1800-an, kakigouri dibawa ke Hawaii oleh pekerja perkebunan gula dari Jepang. Di Jepang, es diserut menggunakan mesin bernama “hatsuyuki” yang berarti salju pertama. Warna yang ditampilkan kakigouri sangatlah unik. Es serut yang menggunung diberi berbagai sirup warna-warni aneka rasa dan tambahan susu kental.

Festival seni kuliner dan budaya Jepang, Ennichisai kembali digelar di Jakarta. Festival ini berlangsung pada tanggal 30 Juni-1 Juli 2018 di kawasan “Little Tokyo” Blok M Square, Jakarta Selatan. Festival ini merupakan acara tahunan. Pengunjung yang datanng ke festival Ennichisai tidak perlu membayar tiket masuk.

Mau liburan gratis ke Jepang? Ikuti kuis "Ohayo Jepang" dengan klik link berikut ini "Mau Liburan Gratis ke Jepang? Ikuti Kuis "Ohayo Jepang" Ini" dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di banner pada bagian bawah artikel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com