Kompas.com - 03/07/2018, 13:07 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Festival Fulan Fehan di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), awalnya akan digelar pada 24-28 Juli 2018.

Namun tahun ini, pelaksanaan festival perbatasan tersebut terpaksa diundur.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu mengatakan festival yang digelar persis di perbatasan Indonesia dan Timor Leste itu ditunda menjadi Oktober 2018.

"Kami telah mendapatkan surat dari Bupati Belu, mereka meminta tunda ke bulan Oktober, dengan alasan sebagian penari Likurai akan mengikuti latihan akbar di Jakarta, dalam rangka pembukaan Asian Games," ucap Marius kepada sejumlah wartawan di Kupang, Senin (2/7/2018).

Puncak kegiatan Festival Fulan Fehan menampilkan ribuan penari Likurai di obyek wisata alam Fulan Fehan yang berada di lembah. Tepat di kaki Gunung Lakaan.

Likurai adalah tarian tradisional dari Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, Kabupaten Timor Tengah Utara dan juga beberapa distrik di Timor Leste.

Ribuan warga dari Kabupaten Belu dan Timor Leste menampilkan tarian likurai di Puncak Bukit Fulan Fehan di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (28/10/2017).KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BERE Ribuan warga dari Kabupaten Belu dan Timor Leste menampilkan tarian likurai di Puncak Bukit Fulan Fehan di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (28/10/2017).

Meski ditunda, namun Marius tetap berbangga karena tarian Likurai akan mengisi kegiatan pembukaan Asian Games pada 18 Agustus 2018.

"Itu tentu sesuatu yang membanggakan buat kita. Bahwa seni budaya NTT khususnya tarian Likurai, masuk dalam forum internasional, "kata Marius.

Kemunculan seni budaya NTT adalah sesuatu kesempatan bagi setiap warga, untuk mempromosikan NTT dalam berbagai kesempatan.

Dalam sejumlah rangkaian festival yang akan digelar di NTT pada tahun ini, termasuk Festival Fulan Fehan, Marius mengatakan pihaknya akan mengundang pemerintah Timor Leste dan Australia.

Ribuan warga melaksanakan upacara Sumpah Pemuda di Puncak Bukit Fulan Fehan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (28/10/2017).KOMPAS.COM/SIGIRANUS MARUTHO BERE Ribuan warga melaksanakan upacara Sumpah Pemuda di Puncak Bukit Fulan Fehan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (28/10/2017).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.