Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiyaki, Waffle Ikan Khas Jepang

Kompas.com - 03/07/2018, 18:25 WIB
Gaby Bunga Saputra,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Taiyaki adalah salah satu kudapan khas Jepang yang cukup populer di Indonesia. Anda pasti mengenalinya lewat bentuk ikannya yang ikonik, serta beragam isian seperti kacang merah. Kini, taiyaki bahkan disajikan dengan es krim di atasnya.

Kue lembut seperti waffle ini hadir di Ennichisai 2018. Taiyaki disajikan dengan berbagai isi mulai dari kacang merah sebagai rasa otentik dari Jepang, cokelat, dan vanila. 

KompasTravel sempat merasakan waffle khas jepang ini di festival budaya dan kuliner Jepang, Ennichisai 2018.

Kue berbentuk ikan ini terasa lembut dan gurih saat digigit dipadu dengan rasa kacang merah yang tidak terlalu manis. Kue ini sangat cocok dimakan selagi panas. 

Pemilik kedai Taiyaki Kun yang ada di Kemanggisan, Jakarta Barat inilah yang membuka stan di Ennichisai 2018. Ia sempat bercerita kepada saya mengenai sejarah taiyaki.

Andro, begitu nama pemiliknya, mengatakan bahwa taiyaki miliknya terinspirasi dari taiyaki yang ada di Jepang. 

“Di Jepang, Tai berarti ikan tai asal Jepang. Yaki artinya panggang. Dulu orang kurang mampu di Jepang itu susah sekali makan ikan jadi ada orang yang bikin kue berbentuk ikan. Karena ikan tai itu mewah dulu, jadi cuma ada waktu perayaan penting saja,” Kata Andro yang ditemui di stan taiyaki miliknya yang berlokasi di Ennichisai 2018 (1/7/2018). 

Baca juga: Serunya Kompetisi Origami Ohayo Jepang di Ennichisai 2018

Pengunjung pun bisa secara langsung menyaksikan pembuatan kue taiyaki ini. Bahan dasarnya yaitu tepung terigu, susu, baking powder, garam, dan gula. Semuanya dicampur rata, kemudian dimasukan dalam panggangan berbentuk ikan.

Setelah itu adonan diisi kacang merah, cokelat, dan vanila. Isian dimasukan di atas bahan dasar utama. Anda tinggal menunggu sampai adonan matang. 

“Bahan dasarnya adalah campuran tepung terigu, susu, baking powder, garam, dan gula. Tapi saya modifikasi sedikit agar punya ciri khas sendiri dibandingkan yang lainnya. Isian yang paling disukai adalah red bean, orang Jepang sendiri juga sangat menyukai rasa ini,” tambah Andro.

Walau festival Ennichisai 2018 telah usai, Anda tidak perlu khawatir karena Taiyaki Kun memiliki outlet di Jalan Kemanggisan, Jakarta Barat. Anda bisa menikmati kue ikan taiyaki ini dengan harga Rp. 8.000.

Selain bisa mencicipi kuliner Jepang di ratusan stan yang disediakan, berbagai kegiatan lainnya juga dipersiapkan untuk para pengunjung. Salah satunya adalah peluncuran situs panduan perjalanan ke Jepang, ohayojepang.kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com