Kompas.com - 03/07/2018, 22:27 WIB
PLTB Sidrap di Sulawesi Selatan, Senin (2/7/2018). -KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAPLTB Sidrap di Sulawesi Selatan, Senin (2/7/2018).

 JAKARTA, KOMPAS.com – Kemarin, Presiden Joko Widodo sempat menyebut suasana di Perbukitan Watang Pulung seperti di Negeri Belanda di sela-sela peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Bayu ( PLTB) di Perbukitan Watang Pulu, Sidrap, Sulawesi Selatan, Senin (2/7/2018).

Di PLTB Watang Wulu terdapat kincir angin raksasa yang digunakan sebagai pembangkit listrik bertenaga angin.

“Berada di perbukitan Watang Pulu, sore tadi, saya merasa seperti tengah di negeri Belanda. Seperti di Eropa. Padahal Watang Pulu ini di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan sekitar 200 kilometer dari Makassar,” tulis Jokowi.

(Baca juga: Resmikan PLTB Sidrap, Jokowi Merasa Seperti di Belanda)

"Dan perasaan saya ini timbul karena di hadapan saya adalah kincir-kincir angin raksasa yang baling-balingnya berputar dihembus angin," ceritanya.

Lantas di mana lokasi kincir angin di Belanda seperti yang dikatakan Jokowi? Seperti apa suasananya?

Zaanse Schans di BelandaAzwar Ferdian/Kompas.com Zaanse Schans di Belanda

Negeri yang begitu terkenal akan kincir angin ya tentu saja Belanda. Bila Anda berkunjung ke Belanda, bisa melihat ikon negara ini di kawasan wisata yaitu Zaanse Schans di Provinsi Belanda Utara dan Kinderdijk di Provinsi Belanda Selatan.

Wisatawan bisa melihat kincir-kincir angin di Belanda yang sudah hadir sejak abad ke-13. Beberapa abad yang lalu, kincir angin di Belanda begitu banyak, bahkan jumlahnya hingga 10.000.

(Baca juga: Jokowi: Watang Pulu dan Kincir Angin PLTB Sidrap Punya Potensi Pariwisata)

Namun, kini yang tersisa hanya sebagian. Beberapa masih berfungsi, sisanya pun telah dijadikan obyek wisata yang menarik para wisatawan.

Seperti obyek wisata di Zaanse Schans, wisatawan bisa melihat pemandangan kincir angin berjajar di pinggiran sungai yang besar. Kincir-kincir angin ada di tengah hamparan daerah pertanian yang hijau serta rumah-rumah tradisional Belanda.

Zaanse Schans di BelandaAzwar Ferdian/Kompas.com Zaanse Schans di Belanda
Kawasan wisata Zaanse Schans lokasinya tidak jauh dari Amsterdam yakni sekitar 21 kilometer. Zaanse Schans terletak di wilayah pemerintahan Zaanstad dengan ibukotanya di Zaandam dan terkenal juga sebagai kota industri pertama di Eropa. Kawasan wisata Zaanse Schan berada di kota Zaandijk yang berdekatan dengan Zaandam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.