Agar Tidak Celaka, Simak 7 Tips Aman Mengunjungi Obyek Wisata - Kompas.com

Agar Tidak Celaka, Simak 7 Tips Aman Mengunjungi Obyek Wisata

Kompas.com - 04/07/2018, 14:13 WIB
.Thinkstock .

KOMPAS.com -  Baru-baru ini viral kabar seputar siswa yang terjatuh dari tebing di Uluwatu, Bali. Siswa tersebut disebut-sebut sedang turun tangga menuju pantai di bawah tebing.

Tentu ini bukan kali pertama turis mengalami kecelakaan di obyek wisata. Apalagi, hal itu kerap terjadi saat turis berfoto atau berswafoto.

Berikut KompasTravel himpun 7 tips agar liburan Anda tidak berujung malapetaka.

1. Cek lokasi

Sebelum berkunjung, cek dulu kondisi tempat tersebut via internet. Jika ingin berfoto, carilah tempat yang aman. Cari tahu spot untuk berfoto dengan angle terbaik tanpa mencelakakan diri.

2.  Patuhi aturan

Saat medan yang ditempuh membutuhkan ekstra kewaspadaan, simpan dulu perangkat selfie. Jangan memanjat batu/tebing sembarangan dan ikutilah instruksi yang diberikan.

3. Ekstra waspada saat berfoto

Perhitungkan setiap langkah saat ingin berfoto. Jangan mengabaikan larangan, rasa takut dan insting Anda. Pilihlah tempat yang datar, tidak licin dan curam.

4. Ukur kemampuan Anda

Ukur kemampuan fisik dalam setiap langkah dan pilihan yang Anda jalani. Kendalikan emosi Anda agar tidak berlebihan, abadikan setiap momen tanpa perlu membahayakan diri sendiri. Ketika Anda berlebihan, konsentrasi untuk peka terhadap bahaya sekitar akan berkurang.

5. Hindari pose ekstrem dan mainkan kreativitas

Berfotolah dengan cepat dan aman. Foto anti-mainstream memang diincar para wisatawan,  namun ada baiknya Anda mementingkan keselamatan diri. Gunakan kreativitas untuk mengambil sudut sederhana namun foto tetap terlihat bagus.

Ambil foto yang aman pada perjalanan Anda menuju tempat tujuan yang biasanya menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indahnya.

6. Unggah selfie di tempat yang aman

Ini yang biasanya luput dari perhatian. Jangan sampai lengah terhadap keselamatan diri walau sebentar saja. Mengunggah foto di tempat yang kurang aman dapat memalingkan konsentrasi Anda terhadap sekitar. Unggahlah foto Anda ketika sudah berada di tempat yang aman.

7. Pahami berharganya keselamatan diri

Pahamilah bahwa keselamatan Anda jauh lebih penting dibandingkan momen yang Anda dapatkan dalam kamera Anda.

Jangan sampai keinginan berlebih untuk menangkap momen tersebut membuat lupa akan pentingnya diri sendiri. Nikmatilah setiap momen dalam perjalanan Anda. 



Close Ads X