6 Negara dengan Budaya Kopi Terbaik, Adakah Indonesia? - Kompas.com

6 Negara dengan Budaya Kopi Terbaik, Adakah Indonesia?

Kompas.com - 04/07/2018, 15:20 WIB
Ilustrasi kopi di pagi hariAnnaPustynnikova Ilustrasi kopi di pagi hari

KOMPAS. com - Penikmat kopi berbeda dengan peminum kopi biasa. Selain rasa kopi, penikmat kopi memiliki rasa ingin tahu yang besar mengenai biji dan proses dari kopi yang diminumnya.

Agaknya berkunjung ke enam negara berikut ini cocok bagi penikmat kopi. Sebab mayoritas penduduk di negara ini mengapresiasi kopi dan menggangap minum kopi sebagai ritual tersendiri. Mengutip traveller.com.au, erikut enam negara denga budaya kopi terbaik:

1. Brasil

Bola dan kopi, cintanya masyarakat Brasil diberikan untuk dua hal itu. Brasil terkenal sebagai negara eksportir biji kopi sejak lebih dari 150 tahun lalu. Hampir 16 persen biji kopi di dunia berasal dari Brasil.

Masyarakat Brasil minum kopi di pagi, siang, dan sore hari. Bahkan anak-anak juga minum kopi, dan teh sangat jarang ditemui di Brasil.

2. Etiopia

Inilah negara asal biji kopi ditemukan. Jadi tak heran masyarakat Etiopia begitu menghargai kopi. Termasuk kopi juga menjadi mata pencarian di negara ini. Kopi ada dalam setiap upacara budaya dan acara penting di Etiopia.

Bahkan kopi juga menjadi bagian dari suku nomaden dan terpencil di Etiopia. Untuk urusan kopi, orang Etiopia doyan kopi berbada tebal dan kuat, tetapi uniknya tidak pahit meski tanpa gula.

3. Vietnam

Negara ke dua pengekspor kopi di dunia. Masyarakat Vietnam punya metode yang telah mendunia untuk menyeduh kopi. Vietnam drip, dinikmati dengan susu kental manis yang menimbulkan rasa karamel pada kopi.

Kopi di Vietnam dikenal sejak negara ini dijajah Perancis, maka dari itu ada penambahan susu dan telur di kopi Vietnam.

4. Finlandia

Negara dengan penduduk yang paling banyak mengosumsi kopi terbanyak di dunia saat ini adalah Finlandia. Berdasarkan International Coffee Organization, 14 persen laki-laki dan enam persen perempuan di Finlandia minum lebih dari 10 cangkir kopi per hari!

Suhu yang rendah diduga berpengaruh pada konsumsi kopi penduduk Finlandia. Untuk itu sangat tidak sulit menemukan kedai kopi yang menyajikan kopi kualitas baik di Finlandia. Hal yang sulit justru menemui gerai kopi waralaba dunia di Finlandia. 

5. Italia

Kopi di Italia diperlakukan secara serius, bahkan disebut hampir sama serius dengan agama. Masyarakat Italia tidak punya toleransi bagi siapapun yang melanggar panduan atau etika minum kopi.

Misalnya jangan mengeluh kopi kurang pans, jangan minta capuccino sehabis makan siang atau makan malam, kopi dengan susu hanya untuk pagi hari, dan siap-siap minum kopi sambil berdiri kalau liburan di Italia.

6. Australia

Ada empat tahapan negara penikmat kopi menurut Euromonitor International. Pertama menikmati kopi instan yang dibuat massal. Kedua adalah menjamurnya kedai kopi. Ketiga adalah pertumbuhan singifikan pemanggang kopi kelas kecil, dan keempat adalah berinovasi dalam proses pengolahan kopi.

Australia sudah sampai pada tahap keempat. Kedai kopi di Australia sangat serius menyajikan kopi kualitas terbaik. Coba saja memesan kopi asal di salah satu kedai kopi atau restoran, kopi yang disajikan biasanya punya standar kualitas dan rasa yang tinggi.


Komentar

Close Ads X