Kastil Ini Bukti Jepang Punya Kerajaan Besar di Okinawa

Kompas.com - 04/07/2018, 16:12 WIB
Miiatur Shurijo Castle Park, pada masanya di Okinawa, Jepang, Jumat (29/6/2018). Shurijo Castle Park merupakan salah satu peninggalan kerajaan Ryukyu yang kini jadi warisan budaya dunia UNESCO di Okinawa, Jepang. KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAMiiatur Shurijo Castle Park, pada masanya di Okinawa, Jepang, Jumat (29/6/2018). Shurijo Castle Park merupakan salah satu peninggalan kerajaan Ryukyu yang kini jadi warisan budaya dunia UNESCO di Okinawa, Jepang.

NAHA, KOMPAS.com - Jepang memang terkenal dengan kekaisarannya sejak berabad-abad silam. Namun, tidak di semua area Jepang dahulu masuk kekaisaran Jepang.

Okinawa, daerah yang paling selatan di Jepang, punya sejarahnya sendiri yang tidak kalah besar. Bahkan bisa jadi lebih tersohor di zamannya.

Hal ini bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Kastil Shurijo, atau Shurijo Castle. Kastil yang sangat megah ini merupakan bukti sejarah tebaik dari kemegahan Kerajaan Ryukyu di selatan Jepang.

Baca juga: Mengenal Bin-gata, Batiknya Okinawa di Jepang

Kastil dengan lebih dari 14 bangunan ini berdiri di di 1-2 Kinjo-Cho, Shuri, Kota Naha, Okinawa, Jepang. Hanya enam kilometer dari Bandara Internasional Naha, Okinawa.

KompasTravel sempat mengunjungi kastil tersebut bersama Okinawa Convention & Visitors Berau (OCVB) dengan penerbangan Jetstar rute Jakarta-Okinawa via Singapura.

Gerbang obyek wisata Shurijo Castle Park, Okinawa, Jepang, Jumat (29/6/2018). Gerbang obyek wisata Shurijo Castle Park, Okinawa, Jepang, Jumat (29/6/2018).
National Government Lisenced Guide and Interpreter Okinawa, Ai Munakata mengatakan dahulu Okinawa terbagi dalam tiga kerajaan kecil yaitu bagian utara, selatan dan tengah.

"Lalu semuanya bersatu dibawah kekuasaan Ryukyu Kingdom abad 14, dan berpusat di kastil ini," kata Ai Munakata pada KompasTravel di Kastil Shurijo, Sabtu (30/6/2018).

Ia menunjukan bahwa kastil ini masuk ke warisan budaya dunia versi UNESCO sejak tahun 2000, sebagai Warisan Budaya Dunia ke-11.

"Shurijo Castle dibangun sejak abad ke 14, seluruh bangunannya jadi bukti masa kejayaan Kerajaan Ryukyu, dan pengaruh-pengaruh budayanya," kata Ai Munakata.

Salah satu gerbang obyek wisata Shurijo Castle Park, Okinawa, Jepang, Jumat (29/6/2018). Shurijo Castle Park merupakan salah satu peninggalan kerajaan Ryukyu yang kini jadi warisan budaya dunia UNESCO. Salah satu gerbang obyek wisata Shurijo Castle Park, Okinawa, Jepang, Jumat (29/6/2018). Shurijo Castle Park merupakan salah satu peninggalan kerajaan Ryukyu yang kini jadi warisan budaya dunia UNESCO.
Sejak gerbang utama terlihat merahnya bangunan gerbang yang megah. Sebelum bangunan utama saja, Anda harus melewati enam gerbang dengan arsitektur yang berbeda-beda. Ada yang dari batu, ada juga yang dari kayu.

Beberapa gerbang tersebut ialah Kankaimon Gate, Zuisenmon Gate, Roukokumon Gate, Kobikimon Gate, dan lainnya.

Baca juga: Ini Aktivitas Seru Berlibur di Okinawa World Jepang

Sepanjang jalan itu pula ditemukan benda dan bangunan yang membuktikan keunggulan Ryukyu pada masanya. Seperti jam matahari yang digunaan sejak 1739, dan lonceng raksasa sejak 1458.

Dahulu Kerajaan Ryukyu menggunakan kastil ini 500 tahun, hingga Raja Sho Tai yang terakhir. Selama itu kerajaan banyak berbisnis dengan China, Jepang, dan Asia Tenggara.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X