Cara ke Banyuwangi Bila Bandara Tutup karena Erupsi Gunung Agung - Kompas.com

Cara ke Banyuwangi Bila Bandara Tutup karena Erupsi Gunung Agung

Kompas.com - 04/07/2018, 22:20 WIB
Bandara Blimbingsari Banyuwangi bakal makin sibuk dengan adanya 12 jadwal penerbangan setiap harinya. Menggeliatnya bisnis pariwisata di Banyuwangi mendorong berbagai maskapai penerbangan membuka direct flight Jakarta-Banyuwangi.KOMPAS.com/FIRMAN ARIF Bandara Blimbingsari Banyuwangi bakal makin sibuk dengan adanya 12 jadwal penerbangan setiap harinya. Menggeliatnya bisnis pariwisata di Banyuwangi mendorong berbagai maskapai penerbangan membuka direct flight Jakarta-Banyuwangi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Agung kembali meletus sebanyak dua kali pada Selasa (3/7/2018). Hal ini berdampak pada penerbangan menuju Bali dan kota sekitarnya, termasuk Banyuwangi, Jawa Timur.

Bandara Blimbingsari, Banyuwangi ditutup sementara waktu akibat abu vulkanik Gunung Agung pada Selasa (3/7/2018).  Total 14 penerbangan dibatalkan dari dan menuju bandara Banyuwangi mulai pukul 03.40 WIB – 09.00 WIB, kemudian berlanjut hingga pikul 15.00 WIB.

“Kami tutup (bandara) karena vulkanik bahaya jika masuk dalam mesin pesawat. Semoga sore nanti semua normal kembali,” ujar Anton Marthalius, Executif General Manager Angkasa Pura (AP) II Bandara Banyuwangi, Selasa (3/7/2018).

Anda tidak perlu bingung bila hendak pergi ke Banyuwangi meski bandara ditutup. Ada banyak alternatif transportasi lain ke Banyuwangi yang bisa Anda gunakan melalui jalur udara.

Walau jarak yang akan Anda tempuh tidak akan secepat menggunakan pesawat direct menuju Banyuwangi. Berikut cara lain yang bisa dipilih bagi Anda yang memiliki titik keberangkatan dari Jakarta menuju Banyuwangi.

Ilustrasi bus. Ilustrasi bus.
Bus

Beberapa bus menyediakan rute Jakarta menuju Bali dan singgah di Banyuwangi. Waktu tempuh yang paling lama dibandingkan transportasi lain, kereta api dan pesawat.

Lama perjalanan sekitar 25 jam. Waktu tempuh disesuaikan dengan kondisi jalan dan titik kemacetan.

Anda juga bisa memilih bus tujuan Banyuwangi dari terminal bus di Surabaya atau Malang. Rute tersebut bisa dikombinasikan dengan jalur udara dari Jakarta atau kota lain terlebih dahulu ke Surabaya dan Malang.

Ilustrasi kereta apiKOMPAS / AGUS SUSANTO Ilustrasi kereta api
Kereta api

Kereta api juga bisa menjadi transportasi alternatif menuju Banyuwangi. Anda bisa naik dari Stasiun Gambir untuk jalur utara atau Pasar Senen untuk jalur selatan.

Tidak ada kereta api langsung dari Jakarta menuju Banyuwangi. Untuk jalur utara Anda bisa menggunakan kereta api rute Jakarta Gambir – Surabaya Pasar Turi atau Jakarta Gambir – Surabaya Gubeng.

Dari Surabaya langsung menuju stasiun Banyuwangibaru. Dengan satu kali transit, total perjalanan akan memakan waktu 16-17 jam.  

Untuk jalur selatan, Anda bisa menumpang kereta api tujuan Yogyakarta. Pertama, dari Pasar Senen berhenti di Lempuyangan. Lalu pindah kereta untuk melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Banyuwangibaru via Surabaya.

Untuk jalur selatan, total perjalanan 22 jam.

Pesawat

Bila ingin memangkas waktu perjalanan, Anda bisa menggunakan transportasi udara. Bila Bandara Banyuwangi belum beroperasi, Anda bisa turun di Bandara Juanda, Surabaya dan Bandara Abdul Rahman Saleh, Malang.

Dari Bandara Juanda, Anda bisa ke Stasiun Gubeng dan melanjutkan perjalanan naik kereta ke Banyuwangi. Sementara, bila dari Bandara Abdul Rahman Saleh bisa ke Stasiun Malang Kota Lama dan melanjutkan perjalanan naik kereta ke Banyuwangi.



Close Ads X