Daftar Kuliner Legendaris Sekitar Universitas Brawijaya Malang - Kompas.com

Daftar Kuliner Legendaris Sekitar Universitas Brawijaya Malang

Kompas.com - 05/07/2018, 22:15 WIB
Ketan Durian dari Pos Ketan Legenda 1967.instagram.com/posketanlegenda1967malang Ketan Durian dari Pos Ketan Legenda 1967.

JAKARTA, KOMPAS.com - Iklim Malang yang sejuk, lingkungan kota yang bersih, dan kekayaan budaya dan kuliner menjadikan sebagai kota “Paris”-nya Jawa Timur, disebut Paris van East Java.

Halau dingin Kota Malang bikin perut selalu lapar. Malang merupakan salah satu destinasi liburan singkat karena memiliki keberagaman kuliner unik dan lezat. Berbagai kuliner legendaris hadir di Malang untuk memanjakan lidah Anda.

Bila Anda berkunjung ke Malang, jangan lewatkan 7 makanan legendaris berikut.

Bakso President

Salah satu kuliner terkenal khas kota bunga ini adalah bakso malang. Berbagai kedai bakso bisa Anda temukan disana. Salah satu yang paling terkenal adalah Bakso President yang berdiri sejak tahun 1977.

Kedai bakso ini terletak pesis di samping rel kereta api tepatnya dua meter dari kedai. Selain merasakan gurihnya bakso malang, ketika berkunjung kesana Anda bisa merasakan sensasi suara kereta api yang hilir mudik.

Soto Geprak Mbah Djo

Jika Anda ingin merasakan soto otentik dari Malang, kunjungi Soto Geprak Mbah Djo. Soto berwarna kuning ini dibuat dengan resep tradisional. Hangatnya soto ini sangat cocok untuk hawa Malang yang sejuk.

Soto Geprak Mbah Djo berdiri sejak tahun 1959. Nama geprak diambil dari kebiasaan sang pemilik yang sering menggeprak daging di atas meja hingga empuk.

Pos Ketan Legenda 1967

Kedai yang terkenal dengan sajian ketannya ini berdiri sejak 1967, seperti namanya. Cicipi berbagai varian ketan, seperti ketan susu, ketan coklat keju, ketan bubuk, sampai ketan durian. Tempat ini buka sore hingga malam hari.

Pecel Kawi.instagram.com/pecelkawi Pecel Kawi.
Pecel Kawi

Makanan legendaris lainnya di Malang adalah pecel kawi. Warung makan yang terletak di Jalan Kawi, Malang ini berdiri sejak 1975.

Racikan bumbu pecel khas Jawa yang gurih selalu dicari para pembeli. Walau tempatnya sederhana, warung pecel ini sering kali dipadati pengunjung.

Kudapan khs Belanda hadir di Toko Oen Malang.instagram.com/toko_oen_malang Kudapan khs Belanda hadir di Toko Oen Malang.
Toko Oen

Berkunjung ke Malang sebagai kota sejarah kurang lengkap bila tidak mencicipi es krim khas Belanda di Toko Oen. Konon es krim ini merupakan kudapan orang belanda yang menetap di Malang sejak tahun 1930.

Menu lain yang bisa Anda coba disini antara lain steak, nasi goreng dan berbagai kue kering jaman dahulu. Suasana belanda tempo dulu sangat terasa saat Anda memasuki restoran ini.

Putu Lanang Celaket Malang

Putu Lanang yang terletak di Jalan Celaket Malang sudah berdiri sejak 1935. Walau letaknya di gang sempit, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung yang ingin membawa pulang kudapan ini.

Berbagai jajanan tradisional jawa hadir disini, seperti putu, lupis, cenil dan getuk. Tak jarang para pembeli berebut mendapatkan giliran memesan putu legendaris ini.

Angsle dan Ronde Titoni

Udara Malang yang dingin pas sekali untuk menyantap Ronde Titoni untuk menghangatkan badan. Pengunjung sering kali memadati warung kecil ini.

Warung ronde yang sudah berdiri sejak 1948 ini menyediakan beragam menu seperti kacang kuah, angsle dan ronde.  Anda juga bisa memesan roti goreng sebagai teman menyantap ronde. 


Komentar
Close Ads X