Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Asian Games, 75 Paket Wisata di 7 Destinasi Unggulan Siap Dijual

Kompas.com - 06/07/2018, 15:17 WIB
Gaby Bunga Saputra,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 150.000 wisatawan mancanegara dari berbagai penjuru Asia diperkiraan akan berkunjung ke Indonesia saat Asian Games 2018 berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Sebanyak 75 paket wisata yang tersebar di tujuh destinasi wisata unggulan pun dipersiapkan, dengan periode 18 Agustus - 2 September 2018.

Tujuh destinasi unggulan tersebut yakni Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogayakarta, Banyuwangi, dan Bali. 

Asian Games yang medatangkan 10.000 atlet dan 5.000 official dari 45 negara serta disaksikan sekitar dua juta penontonini  dianggap dapat meningkatkan sektor pariwisata.

Diproyeksikan kegiatan pesta olahraga ini akan menarik kunjungan sebanyak 150.000 wisman dengan total pengeluaran dari peserta dan pengunjung mencapai Rp 3,6 triliun.

“Terdapat 75 paket wisata yang ditawarkan. Kira-kira 20 persen wisman akan membeli bundling tiket antara pariwisata dan olahraga, atau sekitar 30.000 wisman. 80 Persen go show ketika mereka sudah datang ke Indonesia baru membeli paket wisata,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya yang ditemu di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018).

Berbagai paket wisata telah dipromosikan oleh Kemenpar sejak tahun 2017. Menpar Arif Yahya menuturkan, jumlah penonton terbesar berasal jadi China, Singapura dan Malaysia.

“Paket wisata ini sudah disiapkan dan dipromosikan sejak setahun lalu. Pembeli paket wisata itu tentunga tergantung penonton yang datang. Event-nya sendiri akan banyak menyedot penonton saat final sepak bola. Penggemar sepak bola dari negara peserta yang masuk final akan berbondong-bondong datang ke Jakarta,” ujar Arief Yahya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com