Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Biota Laut China Selatan dan Samudera Pasifik di Okinawa

Kompas.com - 06/07/2018, 22:23 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


NAHA, KOMPAS.com - Jangan hanya terpesona dengan keindahan alam tropis saat berkunjung ke Okinawa. Prefektur di Jepang ini juga punya obyek wisata buatan, bahkan salah satu yang terbesar di dunia.

Ialah Okinawa Churaumi Aquarium, akuarium raksasa dengan total 77 tank. Akuarium ini menyipan jutaan mahluk laut, salah satu yang ikonik yaitu hiu paus (whale shark).

Akuarium berisikan 7.500 meter kubik air laut ini terletak di 424 Aza Ishikawa, Kunigami. Sekitar 55 kilometer dari Bandara Internasional Naha.

Baca juga: Kastil Ini Bukti Jepang Punya Kerajaan Besar di Okinawa

KompasTravel sempat mengunjungi tempat ini bersama Okinawa Convention & Visitors Bureau (OCVB) Jepang, dengan penerbangan Jetstar rute Jakarta-Okinawa via Singapura, Sabtu (30/6/2018).

Megahnya bangunan dengan monumen hiu paus di gerbang sudah membuat decak kagum saya bersama rombongan. Bangunan akuarium empat lantai ini berada persis di sisi laut Okinawa yang berseberangan dengan Pulau Ie (Ie Jima).

Wisatwan berfoto di ikon Whale Shark Akuarium Churami Okinawa, akuarium terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa, Sabtu (30/6/2018)KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatwan berfoto di ikon Whale Shark Akuarium Churami Okinawa, akuarium terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa, Sabtu (30/6/2018)

Petualangan dimulai dari lantai satu, yang berisikan misteri laut dalam Okinawa. Di sini wisatawan diperlihatkan kehidupan dibawah 200 meter, di mana terdapat biota unik seperti ikan dan terumbu karang yang mengeluarkan cahaya dalam gelap.

Saat itu rombongan langsung beranjak ke lantai tiga. Di sana kita bisa lihat mahluk-mahluk laut dengan lebih spesifik. Zona edukasi utama ini berbentuk sekat-sekat akuarium kecil dengan isi yang berbeda-beda. Ada jenis-jenis terumbu karang, juga ikan-ikan tropis yang berenang di laut hangat.

Ada juga biota-biota kecil seperti plankton yang harus dilihat dengan bantuan kaca pembesar, ataupun alat lainnya. Biota yang disajikan memang dari yang terkecil sampai yang raksasa.

Wisatawan mengabadikan jenis-jenis karang yang ada di laut sekitar Okinawa, lewat aquascape yang ada di Akuarium Churami Okinawa, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018). Aquarium ini merupakan yang terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan mengabadikan jenis-jenis karang yang ada di laut sekitar Okinawa, lewat aquascape yang ada di Akuarium Churami Okinawa, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018). Aquarium ini merupakan yang terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa.

Untuk melihat fauna yang paling besar, Anda akan diantar ke lantai dua. Di sana terdapat giant tank, atau akuarium terbesar tempat sang raksasa while shark memamerkan kegagahannya.

Wisatawan pun diantar melalui lorong-lorong akuarium yang indah untuk melihat giant tank tersebut. Setelah sampai, banyak wisatawan yang sontak berteriak kagum, karena tempat yang sangat besar seperti teater yang menghadap besarnya kaca giant tank dengan besar 35 kali 27 meter.

Di sana wisatawan bisa melihat berbagai hewan Samudera Pasifik dan Laut China Selatan yang liar. Hewan-hewan besar yang mendominasi mulai pari manta, kerapu raksasa, paus, hiu paus, tuna kuning, dan tongkol.

Wisatawan memenuhi giant tank di Okinawa Churaumi Aquarium, salah merupakaAquarium terbesar di Jepang yang berisikan ikan dari Samudera Pasifik dan Laut China Selatan, Sabtu (29/6/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan memenuhi giant tank di Okinawa Churaumi Aquarium, salah merupakaAquarium terbesar di Jepang yang berisikan ikan dari Samudera Pasifik dan Laut China Selatan, Sabtu (29/6/2018).

Di lantai ini juga terdapat pusat riset hiu, tak hanya yang terlengkap di Jepang, tapi juga di dunia. Terdapat rahang hiu raksasa yang bisa dijadikan latar berfoto oleh wisatawan.

Tempat terakhir ialah Teater Oki Chan, teater yang berada di luar bangunan ini menyajikan atraksi hewan, utamanya lumba-lumba. Pertunjukan lumba-lumba di sini istimewa karena berlatarkan lautan lepas, dengan beberapa jenis lumba-lumba berukuran besar.

Wisatwan bersiap menyaksikan pertunjuka lumba-lumba di dome Akuarium Churami Okinawa, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018). Aquarium ini merupakan yang terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatwan bersiap menyaksikan pertunjuka lumba-lumba di dome Akuarium Churami Okinawa, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018). Aquarium ini merupakan yang terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa.

Bagi Anda yang berminat menelusuri misteri lautan Okinawa, bisa berkunjung ke sini mulai pukul 08.30-16.00. Tiket yang harus dibayar wisatawan adalah 1.850 Yen untuk dewasa, 1.230 Yen untuk pelajar, dan 610 Yen untuk anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com