Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Agung Erupsi, Wisatawan Tetap Berkunjung ke Pura Besakih

Kompas.com - 07/07/2018, 22:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan domestik dan mancanegara tetap mengunjungi kawasan Pura Besakih di Kabupaten Karangasem, Bali, meskipun Gunung Agung terus erupsi. Pura Besakih terletak sekitar 7 kilometer dari Gunung Agung.

"Memang saya ingin mengunjungi Pura Besakih. Dan saya tidak mengira kalau ternyata jaraknya dekat sekali dengan Gunung Agung, tapi itu tidak masalah," ujar wisatawan asal Chile, Pablo, di Karangasem, Sabtu.

Pablo mengatakan, sebelumnya dirinya memang mendapatkan informasi dari internet tentang kondisi Gunung Agung yang mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Namun hal tersebut tidak membuatnya membatalkan rencana berkunjung ke Pura Besakih. "Di Chile juga banyak gunung berapi yang aktif," katanya.

Ulfa Dwi, wisatawan domestik asal Probolinggo, Jatim mengaku, dirinya bersama keluarga mengunjungi Pura Besakih karena memang ingin melihat kondisi Gunung Agung lebih dekat.

"Biasanya cuma lihat di berita, sekarang bisa melihat Gunung Agung langsung. Sebenarnya takut, tapi kata 'tour guide' tadi Pura Besakih aman dikunjungi karena berada di luar zona rawan bencana yang sudah ditetapkan," katanya.

Sementara itu, Plt Manajer Manajemen Operasional Pura Besakih, I Wayan Ngawit mengatakan, Pura Besakih tetap beroperasi normal meskipun Gunung Agung mengalami erupsi.

"Embusan asap dan abu sama sekali tidak berdampak pada aktivitas di Pura Besakih dan sekitarnya karena hembusan mengarah tidak mengarah ke arah pura," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com