Melihat Kepintaran Lumba-lumba di Salah Satu Akuarium Terbesar Dunia - Kompas.com

Melihat Kepintaran Lumba-lumba di Salah Satu Akuarium Terbesar Dunia

Kompas.com - 08/07/2018, 08:31 WIB
Lumba-lumba sedang beraksi di Dolphin Show Okinawa Churaumi Aquarium, yang merupakan Aquarium terbesar di Jepang, berisikan ikan dari Samudera Pasifik dan Laut China Selatan, Sabtu (29/6/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Lumba-lumba sedang beraksi di Dolphin Show Okinawa Churaumi Aquarium, yang merupakan Aquarium terbesar di Jepang, berisikan ikan dari Samudera Pasifik dan Laut China Selatan, Sabtu (29/6/2018).


NAHA, KOMPAS.com - Berdekatan dengan habitat lumba-lumba di Samudera Pasifik, Prefektur Okinawa di Jepang punya lembaga konservasi yang memperkenalkan banyak hal tentang mamalia laut tersebut. 

Anda bisa banyak belajar tentang lumba-lumba, hingga takjub akan kepintarannya ,saat berkunjung ke Okinawa Churaumi Aquarium di Kota Ishikawa.

Baca juga: Mengintip Biota Laut China Selatan dan Samudera Pasifik di Okinawa

KompasTravel sempat mengunjungi tempat ini bersama Okinawa Convention & Visitors Bureau (OCVB) dengan penerbangan Jetstar rute Jakarta-Okinawa via Singapura,  Sabtu (30/6/2018).

Okinawa Churaumi Aquarium ialah salah satu pusat penelitian dan pameran pari manta dan hiu paus terbesar di Jepang dan di dunia. Namun tidak hanya hiu paus dan manta ray, hampir semua biota besar di lautan sekitar Jepang dikembangbiakkan dan diteliti di sini.

Wisatwan berfoto di ikon Whale Shark Akuarium Churami Okinawa, akuarium terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa, Sabtu (30/6/2018)KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatwan berfoto di ikon Whale Shark Akuarium Churami Okinawa, akuarium terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa, Sabtu (30/6/2018)
Selain penelitian, akuarium ini juga jadi obyek wisata favorit untuk melihat kehidupan laut di Samudera Pasifik dan Laut China Selatan. Terdapat 77 tank berisikan 7.500 meter kubik air laut dengan 740 spesies dan 21.000 biota laut yang bisa Anda saksikan.

Salah satu atraksi wisata favorit ialah area lumba-lumba. Pertama wisatawan bisa menyaksikan hidup lumba-lumba ini dalam sebuah teater luar ruang yang menhadap akuarium besar tempat exhibit lumba-lumba.

"Ya kita mengembangbiakkan di sini, meneliti, mengedukasi, sampai jadi wisata juga. Lumba-lumba-nya yang hidup di sekitar pulau, lautan sana," tutur Asuka Ganaha, salah satu staf Okinawa Churaumi Aquarium yang mendampingi KompasTravel, sembari menujuk ke arah Samudera Pasifik yang tidak jauh dari pandangan.

Wisatawan melihat jenis-jenis binatang yang ada di laut sekitar Okinawa, lewat aquascape yang ada di Akuarium Churami Okinawa, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018). Aquarium ini merupakan yang terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan melihat jenis-jenis binatang yang ada di laut sekitar Okinawa, lewat aquascape yang ada di Akuarium Churami Okinawa, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018). Aquarium ini merupakan yang terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa.
Staf edukasi di sana akan menjelaskan pada wisatawan mengenai kehidupan dan keunikan-keunikan lumba-lumba. Mulai dari cara berenangnya, hingga berkomunikasi antar sesamanya.

Sayangnya staf disana berkomunikasi dengan bahasa Jepang, sehingga Anda butuh bantuan tour guide lokal untuk menerjemahkannya ke bahasa Inggris.

Masih di lingkungan yang sama, yaitu Okichan Theater, Anda bisa bergeser ke tribun yang paling luas, untuk menyaksikan atraksi beberapa jenis lumba-lumba.

Baca juga: Ini Aktivitas Seru Berlibur di Okinawa World Jepang

 

Saat itu ada lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik (Tursiops aduncus), dan paus elektra (Peponocephala electra) dalam pertunjukan.

"Nanti wisatawan dilarang berdiri apalagi berjalan-jalan saat pertunjukan dimulai, jadi pilih tempat terbaik kalian untuk mengambil gambar, sebelum show dimulai," tutur Asuka Ghana sesaat sebelum pertunjukan dimulai.

Wisatwan bersiap menyaksikan pertunjuka lumba-lumba di dome Akuarium Churami Okinawa, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018). Aquarium ini merupakan yang terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatwan bersiap menyaksikan pertunjuka lumba-lumba di dome Akuarium Churami Okinawa, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018). Aquarium ini merupakan yang terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa.
Istimewanya teater ini, wisatawan akan menghadap kolam kolam lumba-lumba raksasa dengan latar Laut Pasifik dan Pulau Ie (Iejima), sehingga pemandangannya seperti infinity pool ke arah samudera.

Selain itu dari pengamatan KompasTravel, ukuran lumba-lumba di sini sangat besar, terlebih jika dibandingkan dengan yang dikembangkan di Indonesia. Asuka mengira ukuran tersebut dikarenakan exhibit di aquarium ini tidak jauh dari habitat aslinya, bahkan bersebelahan, sehingga terasa masih di habitat aslinya.

Bagi Anda yang berminat menelusuri misteri lautan Okinawa Jepang, bisa berkunjung ke sini mulai pukul 08.30-16.00. Tiket yang harus dibayar wisatawan adalah 1.850 Yen untuk dewasa, 1.230 Yen untuk pelajar, dan 610 Yen untuk anak-anak.


Komentar
Close Ads X