Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal Menarik yang Bisa Anda Lakukan di Churaumi Aquarium Okinawa, Jepang

Kompas.com - 08/07/2018, 10:21 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

NAHA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin berlibur ke Jepang, cobalah melirik Prefektur Okinawa sebagai destinasinya.

Bagian paling selatan Jepang ini sangat kaya akan wisata bahari, seperti Okinawa Churaumi Aquarium, salah satu akuarium yang terbesar di dunia.

Okinawa Churaumi Aquarium ialah salah satu pusat penelitian dan pameran pari manta dan hiu paus terbesar di Jepang dan di dunia. Namun tidak hanya hiu paus dan manta, hampir semua biota besar di lautan sekitar Jepang dikembangbiakkan dan diteliti di sini.

Baca juga: Melihat Kepintaran Lumba-lumba di Salah Satu Akuarium Terbesar Dunia

Selain penelitian, akuarium ini juga jadi obyek wisata favorit untuk melihat kehidupan laut di Samudera Pasifik dan Laut China Selatan. Terdapat 77 tank berisikan 7.500 meter kubik air laut dengan 740 spesies dan 21.000 biota laut di dalamnya yang bisa Anda saksikan.

KompasTravel sempat mengunjungi tempat ini bersama Okinawa Convention & Visitors Bureau (OCVB) Jepang, dengan penerbangan Jetstar rute Jakarta-Okinawa via Singapura, Sabtu (30/6/2018).

Berikut empat hal seru yang harus Anda coba saat berkunjung ke sini:

Wisatawan memenuhi giant tank di Okinawa Churaumi Aquarium, salah merupakaAquarium terbesar di Jepang yang berisikan ikan dari Samudera Pasifik dan Laut China Selatan, Sabtu (29/6/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan memenuhi giant tank di Okinawa Churaumi Aquarium, salah merupakaAquarium terbesar di Jepang yang berisikan ikan dari Samudera Pasifik dan Laut China Selatan, Sabtu (29/6/2018).
1. Melihat hiu paus raksasa

Ikon yang menjadi kebanggaan Churaumi Aquarium ialah pameran hiu paus yang berhasil dikembangbiakkan dan diteliti puluhan tahun. Dari informasi yang KompasTravel dapat dari brosur, Churaumi Aquarium menjadi pusat penelitian aneka ragam hiu tebaik dan terkomplit di dunia sampai sekarang (2018).

Untuk melihat fauna raksasa itu, Anda akan diantar ke lantai dua. Di sana terdapat giant tank, atau akuarium terbesar tempat sang raksasa while shark  dengan panjang lebih dari 10 meter memamerkan kegagahannya.

Wisatawan pun diantar melalui lorong-lorong akuarium yang indah untuk melihat giant tank tersebut. Setelah sampai, banyak wisatawan yang sontak berteriak kagum, karena tempat yang sangat besar seperti teater yang menghadap besarnya kaca seluas 35 x 27 meter.

Di sana wisatawan bisa melihat berbagai hewan Samudera Pasifik dan Laut China Selatan yang liar. Hewan-hewan besar yang mendominasi mulai dari pari manta, kerapu raksasa, paus, hiu paus, tuna kuning, dan tongkol.

Wisatawan anak-anak mengamati kehidupan ikan karang di aquarium-aquarium kecil Churaumi Aquarium, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan anak-anak mengamati kehidupan ikan karang di aquarium-aquarium kecil Churaumi Aquarium, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018).
2. Belajar biota laut

Karena salah satu aspek yang diutamakan di sini ialah edukasi, maka banyak infrastruktur yang menunjang edukasi biota laut di Churaumi Aquarium. Misalnya akuarium-akuarium kecil dengan biota spesifik lengkap dengan monitor penjelasan. Ada juga dalam bentuk studio animasi, hingga berinteraksi langsung dengan menyentuh biota tersebut.

Salah satu yang mengasyikkan ialah zona edukasi misteri laut dalam Okinawa. Di sini wisatawan diperlihatkan kehidupan di bawah 200 meter, di mana terdapat biota unik seperti ikan dan terumbu karang yang mengeluarkan cahaya dalam gelap.

Baca juga: Mengintip Biota Laut China Selatan dan Samudera Pasifik di Okinawa

 

Selain itu di lantai tiga Churaumi Aquarium Anda bisa lihat mahluk-mahluk laut dengan lebih spesifik. Zona edukasi utama ini berbentuk sekat-sekat akuarium kecil dengan isi yang berbeda-beda. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com