4 Hal Menarik yang Bisa Anda Lakukan di Churaumi Aquarium Okinawa, Jepang - Kompas.com

4 Hal Menarik yang Bisa Anda Lakukan di Churaumi Aquarium Okinawa, Jepang

Kompas.com - 08/07/2018, 10:21 WIB
Wisatwan berfoto di ikon Whale Shark Akuarium Churami Okinawa, akuarium terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa, Sabtu (30/6/2018)KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatwan berfoto di ikon Whale Shark Akuarium Churami Okinawa, akuarium terbesar di Jepang, berada di Kota Kunigami, Okinawa, Sabtu (30/6/2018)

NAHA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin berlibur ke Jepang, cobalah melirik Prefektur Okinawa sebagai destinasinya.

Bagian paling selatan Jepang ini sangat kaya akan wisata bahari, seperti Okinawa Churaumi Aquarium, salah satu akuarium yang terbesar di dunia.

Okinawa Churaumi Aquarium ialah salah satu pusat penelitian dan pameran pari manta dan hiu paus terbesar di Jepang dan di dunia. Namun tidak hanya hiu paus dan manta, hampir semua biota besar di lautan sekitar Jepang dikembangbiakkan dan diteliti di sini.

Baca juga: Melihat Kepintaran Lumba-lumba di Salah Satu Akuarium Terbesar Dunia

Selain penelitian, akuarium ini juga jadi obyek wisata favorit untuk melihat kehidupan laut di Samudera Pasifik dan Laut China Selatan. Terdapat 77 tank berisikan 7.500 meter kubik air laut dengan 740 spesies dan 21.000 biota laut di dalamnya yang bisa Anda saksikan.

KompasTravel sempat mengunjungi tempat ini bersama Okinawa Convention & Visitors Bureau (OCVB) Jepang, dengan penerbangan Jetstar rute Jakarta-Okinawa via Singapura, Sabtu (30/6/2018).

Berikut empat hal seru yang harus Anda coba saat berkunjung ke sini:

Wisatawan memenuhi giant tank di Okinawa Churaumi Aquarium, salah merupakaAquarium terbesar di Jepang yang berisikan ikan dari Samudera Pasifik dan Laut China Selatan, Sabtu (29/6/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan memenuhi giant tank di Okinawa Churaumi Aquarium, salah merupakaAquarium terbesar di Jepang yang berisikan ikan dari Samudera Pasifik dan Laut China Selatan, Sabtu (29/6/2018).
1. Melihat hiu paus raksasa

Ikon yang menjadi kebanggaan Churaumi Aquarium ialah pameran hiu paus yang berhasil dikembangbiakkan dan diteliti puluhan tahun. Dari informasi yang KompasTravel dapat dari brosur, Churaumi Aquarium menjadi pusat penelitian aneka ragam hiu tebaik dan terkomplit di dunia sampai sekarang (2018).

Untuk melihat fauna raksasa itu, Anda akan diantar ke lantai dua. Di sana terdapat giant tank, atau akuarium terbesar tempat sang raksasa while shark  dengan panjang lebih dari 10 meter memamerkan kegagahannya.

Wisatawan pun diantar melalui lorong-lorong akuarium yang indah untuk melihat giant tank tersebut. Setelah sampai, banyak wisatawan yang sontak berteriak kagum, karena tempat yang sangat besar seperti teater yang menghadap besarnya kaca seluas 35 x 27 meter.

Di sana wisatawan bisa melihat berbagai hewan Samudera Pasifik dan Laut China Selatan yang liar. Hewan-hewan besar yang mendominasi mulai dari pari manta, kerapu raksasa, paus, hiu paus, tuna kuning, dan tongkol.

Wisatawan anak-anak mengamati kehidupan ikan karang di aquarium-aquarium kecil Churaumi Aquarium, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan anak-anak mengamati kehidupan ikan karang di aquarium-aquarium kecil Churaumi Aquarium, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018).
2. Belajar biota laut

Karena salah satu aspek yang diutamakan di sini ialah edukasi, maka banyak infrastruktur yang menunjang edukasi biota laut di Churaumi Aquarium. Misalnya akuarium-akuarium kecil dengan biota spesifik lengkap dengan monitor penjelasan. Ada juga dalam bentuk studio animasi, hingga berinteraksi langsung dengan menyentuh biota tersebut.

Salah satu yang mengasyikkan ialah zona edukasi misteri laut dalam Okinawa. Di sini wisatawan diperlihatkan kehidupan di bawah 200 meter, di mana terdapat biota unik seperti ikan dan terumbu karang yang mengeluarkan cahaya dalam gelap.

Baca juga: Mengintip Biota Laut China Selatan dan Samudera Pasifik di Okinawa

 

Selain itu di lantai tiga Churaumi Aquarium Anda bisa lihat mahluk-mahluk laut dengan lebih spesifik. Zona edukasi utama ini berbentuk sekat-sekat akuarium kecil dengan isi yang berbeda-beda. 

Ada jenis-jenis terumbu karang, juga ikan-ikan tropis yang berenang di laut hangat. Ada juga biota-biota kecil seperti plankton yang harus dilihat dengan bantuan kaca pembesar ataupun alat lainnya. Biota yang disajikan memang dari yang terkecil sampai yang raksasa.

3. Befoto dengan rangka binatang laut raksasa

Di zona pusat riset hiu paus, terdapat rahang hiu raksasa yang bisa dijadikan latar berfoto oleh wisatawan. Tinggi rahang tersebut sekitar dua meter lebih, sehingga badan manusia bisa masuk dan berfoto di dalamnya.

Tidak hanya di tempat terebut, Anda juga bisa menjumpai rangka rangka hewan laut raksasa di Churaumi Plaza atau tempat istirahat utama.

Anda akan menjumpai rangka lumba-luma raksasa, kerapu raksasa yang beracun, dan yang paling menarik ialah rangka megamout shark yang sangat langka di Jepang.

Pulau Ie atau Iejima yang bekas pangkalan laut Amerika Serikat saat Perang Dunia dua, saat ini terkenal dengan Festival Lilynya yang meriah, Sabru (30/6/2019).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pulau Ie atau Iejima yang bekas pangkalan laut Amerika Serikat saat Perang Dunia dua, saat ini terkenal dengan Festival Lilynya yang meriah, Sabru (30/6/2019).
4. Menikmati pantai

Okinawa Churaumi Aquarium terletak persis di sisi Pantai Emerald, yang bersebrangan dengan Pulau Ie (Iejima), keindahan pantai ini sebenarnya bisa ditelusuri wisatawan.

Hamparan pasir putih, dengan air laut yang sedikit menghijau di bibir pantainya menjadi pemandangan yang memesona. 

Untuk menjangkaunya, wisatawan bisa berjalan sekitar lima menit dari gedung utama akuarium. Fasilitas kebersihan dan istirahat untuk wisatawan di sana pun sudah mendukung, bahkan mendapat sertifikat AA dari pemerintah Jepang.

Lumba-lumba sedang beraksi di Dolphin Show Okinawa Churaumi Aquarium, yang merupakan Aquarium terbesar di Jepang, berisikan ikan dari Samudera Pasifik dan Laut China Selatan, Sabtu (29/6/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Lumba-lumba sedang beraksi di Dolphin Show Okinawa Churaumi Aquarium, yang merupakan Aquarium terbesar di Jepang, berisikan ikan dari Samudera Pasifik dan Laut China Selatan, Sabtu (29/6/2018).
5. Melihat pertunjukan lumba-lumba

Salah satu atraksi wisata favorit ialah area lumba-lumba. Pertama wisatawan bisa menyaksikan hidup lumba-lumba ini dalam sebuah teater luar ruang yang menhadap akuarium besar tempat pameran lumba-lumba.

Staf edukasi di sana akan menjelaskan pada wisatawan mengenai kehidupan dan keunikan-keunikan lumba-lumba. Setelah itu Anda bisa beranjak ke teater besar yang menyuguhkan atraksi beberapa jenis lumba-lumba.

Istimewanya teater ini, wisatawan akan menghadap kolam kolam lumba-lumba raksasa dengan latar Laut Pasifik dan Pulau Ie (Iejima), sehingga pemandangannya seperti infinity pool ke arah samudera.

Ukuran lumba-lumba di sini sangat besar, terlebih jika dibandingkan dengan yang dikembangkan di Indonesia. 

Bagi Anda yang berminat menelusuri misteri lautan Okinawa, bisa berkunjung ke sini mulai pukul 08.30-16.00. Tiket yang harus dibayar wisatawan adalah 1.850 Yen untuk dewasa, 1.230 Yen untuk pelajar, dan 610 Yen untuk anak-anak.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X