Kompas.com - 08/07/2018, 16:19 WIB
Pemandangan matahari terbit dari Bukit Mentigen, Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Bukit Mentigen adalah salah satu alternatif tempat melihat matahari terbit selain Bukit Penanjakan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOPemandangan matahari terbit dari Bukit Mentigen, Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Bukit Mentigen adalah salah satu alternatif tempat melihat matahari terbit selain Bukit Penanjakan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

KOMPAS.com - indonesia memang dikaruniai alam yang indah. Salah satu cara untuk menikmatinya adalah dengan touring atau perjalanan naik motor, sambil menjajal aneka lanskap cantik di kawasan wisata.

Salah satu penggiat alam bebas yang kini menggeluti dunia adventure touring ialah Dody Johanjaya. Mantan produser program TV petualangan itu kini sering menjelajah Indonesia menggunakan "kuda besi" miliknya. Ia bertualang bersama komunitas dan kawan-kawannya.

"Saya belum menjelajah ke semua tempat-tempat terbaik di Indonesia ya, kalau menjelajah dengan motor paling baru di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, FLores, Lombok, dan Sumbawa," tuturnya kepada KompasTravel seusai talkshow di Avtech, Jakarta Timur, Jumat (6/7/2018).

Dody merekomendasikan beberapa tempat terbaik di Indonesia yang pernah ia jelajahi lewat touring motor. Berikut empat di antaranya.

1. Flores

"Di Flores itu satu tempat kita bisa dapat banyak kenikmatan, mulai jalannya yang mulus, rapi tidak ada sama sekali lubang. Ada komodo, ada gunung, lembah, laut, sungai, Danau Kelimutu, (wisata) budayanya ada Bena dan Wae Rebo. Benar-benar komplit dan indah," tutur Dody.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Desa Adat Wae Rebo di Kabupaten Manggarai, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai desa itu tidak mudah, wisatawan harus mendaki sejauh 7 km selama kurang lebih 4 jam.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Desa Adat Wae Rebo di Kabupaten Manggarai, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai desa itu tidak mudah, wisatawan harus mendaki sejauh 7 km selama kurang lebih 4 jam.

Rute terbaik menurutnya yang harus dicoba para pehobi touring ialah dari Labuan Bajo sampai Larantuka. Trek tersebut bisa ditempuh dalam waktu satu minggu.

Jangan lupa singgah di Taman Nasional Komodo dan melihat salah satu keajaiban dunia di Indonesia.

2. Sumatera Barat

Sumatera barat menjadi tempat kedua rekomendasi Dody, karena lintasan susur pantainya yang memesona. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.