Saat Foto untuk Paspor, Lebih Baik Senyum atau Tidak?

Kompas.com - 08/07/2018, 18:21 WIB
Ilustrasi tersenyum Digital Vision.Ilustrasi tersenyum

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan kita lebih baik tersenyum saat berfoto untuk paspor. Khususnya senyum dengan memperlihatkan gigi.

Penelitian dari Department Psikologi University of York menemukan ketika melihat foto orang tersenyum akan lebih mudah dikenali ketimbang foto orang bermuka tidak tersenyum.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Mila Mileva ini meminta 40 orang responden, untuk mencocokkan 60 foto wajah tersenyum dan tidak tersenyum dengan sang pemilik foto.

Pada sesi lain, 34 orang diminta untuk mencocokkan gambar dari setengah wajah orang yang tersenyum dan tidak tersenyum.

Baca juga: Paspor Jepang Paling Kuat di Dunia, Bagaimana Indonesia?

Secara keseluruhan, ternyata para responden memiliki ketepatan lebih tinggi saat mencocokkan wajah orang yang tersenyum memperlihatkan gigi.

Mereka bahkan bisa membandingkan dua orang yang mirip, dengan melihat senyuman. Ketimbang hanya melihat wajah netral atau tersenyum tanpa terlihat gigi. 

Ternyata menurut Dr Mileva, ada emosional yang memudahkan para pembeda ketika melihat foto tersenyum dengan gigi.

"Solusi yang lebih praktis adalah dengan memasang gambar tersenyum di paspor, sehingga petugas imigrasi memiliki akses ke gambar netral dan gambar tersenyum untuk membantu mereka dalam pengambilan keputusan," kata Dr Mileva.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X