Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tomohon International Flower Festival ke-8 Akan Digelar Lebih Meriah

Kompas.com - 10/07/2018, 12:02 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tomohon International Flower Festival (TIFF) ke-8 akan digelar di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, 8-10 Agustus 2018.

"Tahun ini akan digelar lebih meriah dengan standar-standar internasional yang diminta oleh Kementerian Pariwisata, mulai tarian, musik, dan paradenya," kata Coreta Louise Kapoyos, Ketua TIFF 2018 di Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (9/7/2018).

Menteri Pariwisata saat meluncurkan acara ini di Gedung Sapta Pesona Kemenpar mengatakan event ini merupakan salah satu event nasional terbaik yang masuk ke Top 100 Calendar Event Pariwisata Indonesia.

"Tidak sulit saat menyeleksi event ini untuk jadi acara unggulan Indonesia, semua juri langsung setuju. Kalau soal musik, tarian, saya percaya sama Sulawesi Utara," kata Menpar dalam sambutannya.

Launcing event Tomohon International Flowers Festival di Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (9/7/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Launcing event Tomohon International Flowers Festival di Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (9/7/2018).

Event TIFF 2018 mengangkat tema ‘Beautiful Tomohon, Sing with Flowers', untuk menegaskan bahwa Tomohon sebagai kota bunga memiliki alam yang indah yang dikaruniai banyak gunung, danau, dan air terjun.

Tahun ini kontingen karnaval dari negara lain sudah ada 19 negara. Terdiri dari 11 negara anggota Council of Asian Flower Exhibition (CAFÉ), ditambah 8 lainnya mulai Ceko, Nepal, Pakistan, Jepang, Kazakhstan, dan Georgia.

Rombongan festival dibatasi 30 kendaraan sepanjang 10 kilometer, untuk menjaga kualitas agar tidak terlalu panjang. Tempat yang digunakan masih di Lapangan Kota Tomohon, eks Rindam dengan latar Gunung Lokon.

“Penyelenggaraan TIFF sudah memasuki tahun ke-8 dan pesertanya terus bertambah. Kita harapkan ke depan festival bunga ini akan semakin banyak menarik peserta dari mancanegara,” kata Menpar Arief.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang datang ke Kemenpar mengatakan terjadi kenaikan wisatawan secara signifikan tiap tahunnya saat acara tersebut.

"Dari tahun 2016 ke 2017 wisatawan mancanegara yang datang untuk TIFF dari 26.441 jadi 39.000 orang, naik drastis," ungkapnya.

Tahun ini ia menargetkan kunjungan 90.000 wisman dan pergerakan 500.000 wisnus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com