Ironman 70.3 Kembali Digelar di Bintan - Kompas.com

Ironman 70.3 Kembali Digelar di Bintan

Kompas.com - 11/07/2018, 19:23 WIB
Presscon Ironman 70.3 Bintan di Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (11/7/2018)KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Presscon Ironman 70.3 Bintan di Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (11/7/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang olahraga ‘manusia super’ Ironman 70.3 akan kembali digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) pada 18 – 19 Agustus 2018.

Event ini merupakan salah satu ajang berkumpulnya atlet lari, sepeda, dan renang dari banyak negara.

Seperti penyelenggaraan tahun lalu, kompetisi Ironman tahun ini akan dipusatkan di Plaza Lagoi sebagai pusat pengembangan pariwisata yang berada di Teluk Lagoi, kawasan Bintan Resort. Infrastruktur dan akomodasi telah disiapkan oleh pemerintah Bintan untuk menyambut para atlet. 

Penyelenggaraan event internasional ini memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia. Beberapa pembaharuan telah dipersiapkan oleh penyelenggara Ironman 70.3 untuk menunjang jalannya event.

“Kita telah membuat kemajuan tahun ini. Arena lari akan berubah sedikit. Bentuk arena renang juga akan berubah karena kalau kita kembali ke tahun lalu paparan sinar matahari membuat navigasi dan orientasi jadi sulit. Arena sepeda juga telah berubah untuk meminimalisir kemacetan di jalan,” ujar Nathalie Marquet, CEO MetaSport, saat konferensi pers Ironman 70.3 di kantor Kemenpar, Rabu (11/7/2018).

Menteri Pariwisata, Arif Yahya bersama CEO MetaSport, Nathalie Marquet.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Menteri Pariwisata, Arif Yahya bersama CEO MetaSport, Nathalie Marquet.

Para atlet Ironman 70.3 akan berenang sejauh 1,2 mil (1,9 km) di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah. Kemudian bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar sepanjang 56 mil (90 km). Diakhiri dengan lomba lari dalam 3 lap sepanjang 21 km.

Tahun ini Ironman 70.3 akan diikuti oleh kurang lebih 1.500 atlet dewasa dan 300 anak-anak yang akan mengikuti Ironkids Fun Run. Sebanyak 52 kewarganegaraan akan hadir di Indonesia termasuk atlet-atlet pemenang event Ironman tahun lalu.

Ironman 70.3 Bintan dijadikan sebagai ajang kualifikasi Ironman Dunia sebelum mencapai ironman World Champion yang akan berlangsung di Nelson Mandela Bay, Afrika Selatan pada 1 – 2 September 2018 mendatang.


Komentar

Close Ads X