7 Tips Menginap di Hotel Kapsul dan Hostel - Kompas.com

7 Tips Menginap di Hotel Kapsul dan Hostel

Kompas.com - 13/07/2018, 08:00 WIB
Ruangan kamar kapsul di CX Hostel Kuta, Bali.KOMPAS.com / SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Ruangan kamar kapsul di CX Hostel Kuta, Bali.
JAKARTA, KOMPAS.com - Berlibur tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memperoleh kenyamanan. Anda pun bisa menghemat biaya sekaligus menikmati perjalanan dengan nyaman, salah satunya dari sisi akomodasi.
 
Anda pun pasti tahu, selain transportasi, akomodasi merupakan salah satu unsur terbesar biaya perjalanan Anda. Untuk menghemat biaya, hal yang bisa Anda lakukan adalah memilih akomodasi berupa hotel kapsul atau pun hostel.
 
Hotel kapsul dan hostel adalah bentuk akomodasi berbagi (sharing acommodation) yang berkonsep satu ruangan diisi oleh beberapa orang. Setiap orang memiliki privasi sendiri, karena ranjang tertutup berbentuk layaknya kapsul.
 
Hotel kapsul dan hostel bisa jadi salah satu akomodasi yang cocok dipilih bagi Anda yang bepergian sendirian (solo traveler), backpacker, atau bepergian bersama-sama, tetapi tetap ingin memiliki privasi sendiri saat beristirahat.
 
Di negara-negara Asia, keberadaan hotel kapsul dan hostel sudah lumrah, sebut saja seperti di Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, hingga China dan Vietnam. Di Indonesia pun sudah banyak ditemui hotel kapsil, seperti di Jakarta, Bandung, Semarang, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta.
 
Nah, sebelum memilih untuk menginap di hotel kapsul dan hostel, ada beberapa kiat yang sebaiknya Anda perhatikan agar dapat beristirahat dan menikmati waktu Anda di sana. 
Kapsul tidur di Capsule Town Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia.KOMPAS.com / SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Kapsul tidur di Capsule Town Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia.
 1. Fobia ruang sempit
 
Apabila Anda ingin mencoba untuk menginap di hotel kapsul, pastikan Anda tidak memiliki fobia terhadap ruang sempit. Umumnya hotel kapsul berbentuk layaknya 'lemari es' atau ruangan sempit hanya untuk tidur.
 
Tentu kondisi ini tidak nyaman bagi Anda yang fobia ruangan sempit. Namun, ada pula hotel kapsul yang menyediakan ranjang berupa tempat tidur susun yang dilengkapi tirai untuk privasi, sehingga ini pun bisa jadi pilihan.
Ruangan kamar kapsul bernuansa bambu di Bali Bee House, Kerobokan, Bali.KOMPAS.com / SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Ruangan kamar kapsul bernuansa bambu di Bali Bee House, Kerobokan, Bali.
2. Perhatikan jenis kamar
 
Penting untuk memperhatikan jenis kamar yang disediakan hotel kapsul dan hostel demi kenyamanan Anda. Maksudnya, hotel kapsul menyediakan kamar untuk penghuni pria dan wanita (mixed room) serta kamar khusus untuk penghuni wanita saja.
 
Penghuni wanita yang mungkin merasa kurang nyaman berbagai kamar dengan penghuni pria dapat memilih kamar khusus untuk wanita. Dengan demikian, Anda bisa lebih tenang dan nyaman selama menginap. 
 
3. Siapkan perlengkapan mandi pribadi
 
Sebelum menginap di hotel kapsul dan hostel, perlu diperhatikan bahwa tidak semua hotel menyediakan perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, atau sikat gigi. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk membawa perlengkapan mandi sendiri.
 
Anda bisa membawa sampo kemasan (sachet) atau tempatkan sampo dan sabun cair pada wadah kecil (travel size). 
Ruangan kamar di Monkey Nap Hostel, Bangkok, Thailand.KOMPAS.com / SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Ruangan kamar di Monkey Nap Hostel, Bangkok, Thailand.
 4. Jaga ketenangan
 
Karena hotel kapsul dan hostel adalah akomodasi bersama, maka penting untuk menjaga ketenangan di dalam kamar. Banyak hotel kapsul memberlakukan aturan waktu tenang, seperti mulai pukul 22.00 atau 23.00 hingga keesokan paginya.
 
Oleh karena itu, apabila Anda menginap bersama teman, sebaiknya jangan berisik atau berbicara lantang. Manfaatkan ruang tamu atau ruang rekreasi umum untuk mengobrol.
 
Apabila Anda harus menelepon atau video call, ada baiknya tidak melakukannya di dalam kamar, tetapi pergilah sejenak ke luar kamar. Bertoleransilah dengan penghuni lainnya. 
 
 5. Jaga barang pribadi
 
Pastikan Anda menjaga barang-barang pribadi Anda selama menginap di hotel kapsul dan hostel. Manfaatkan loker yang ada di dalam kamar untuk menempatkan koper atau ransel Anda, serta simpanlah barang-barang berharga Anda di sana.
 
Berdasarkan pengalaman, saya selalu membawa serta paspor, dompet, dan ponsel ke manapun saya pergi, termasuk saat ke kamar mandi. Oleh karena itu, saya menggunakan tas selempang kecil yang cukup untuk menyimpan semua barang berharga saya tersebut. 
Ruangan kamar di Modern Cave Hotel di Melaka, Malaysia.
KOMPAS.com / SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Ruangan kamar di Modern Cave Hotel di Melaka, Malaysia.
6. Manajemen waktu
 
Selain kamar yang berbagi, hotel kapsul dan hostel pun menyediakan kamar mandi yang digunakan bersama-sama dengan penghuni lainnya. Bila Anda punya kebiasaan mandi lama sebaiknya sejenak menghentikan kebiasaan ini.
 
Oleh karena itu, manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan. Tentu ini untuk kenyamanan Anda dan penghuni lainnya.
 
7. Sosialisasi
 
Salah satu manfaat menginap di hotel kapsul dan hostel adalah Anda dapat dengan bersosialisasi dengan penghuni lainnya. Tidak ada yang salah ketika Anda berkenalan dengan penghuni lain, sehingga teman Anda bertambah dari berbagai negara.



Close Ads X