Mudahnya Membuat Visa ke Taiwan bagi Warga Indonesia - Kompas.com

Mudahnya Membuat Visa ke Taiwan bagi Warga Indonesia

Kompas.com - 13/07/2018, 12:19 WIB
Pengunjung berjalan melintasi jembatan gantung di Taiwan Indigenous Peoples Cultural Park, Pingtung, Taiwan, Rabu (11/4/2018). Indigenous Peoples Cultural Park atau Taman Budaya Penduduk Asli Taiwan yang didirikan tahun 1989 dengan luas sekitar 82 hektar itu merupakan tempat untuk mengenal dan mengetahui kehidupan dan budaya suku-suku asli Taiwan.ANTARA FOTO/PRASETYO UTOMO Pengunjung berjalan melintasi jembatan gantung di Taiwan Indigenous Peoples Cultural Park, Pingtung, Taiwan, Rabu (11/4/2018). Indigenous Peoples Cultural Park atau Taman Budaya Penduduk Asli Taiwan yang didirikan tahun 1989 dengan luas sekitar 82 hektar itu merupakan tempat untuk mengenal dan mengetahui kehidupan dan budaya suku-suku asli Taiwan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat visa ke Taiwan bagi wisatawan Indonesia sangat mudah. Khususnya bagi Anda yang sudah memiliki visa Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea, dan negara-negara Schengen.

Lewat pengalaman KompasTravel jika sudah memiliki visa negara-negara tersebut, maka pembuatan visa dapat dilakukan secara online, dan diproses kurang dari lima menit.

Berikut syarat untuk mengajukan visa online ke Taiwan:

1. Membuka situs https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/
2. Memiliki visa Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea ,dan negara-negara Schengen yang masih berlaku atau tidak berlaku, dengan waktu kurang dari 10 tahun sebelum tanggal kedatangan di Taiwan.
3. Telah memesan tiket penerbangan pulang pergi, serta akomodasi di Taiwan
4. Mengisi formulir online dengan jelas

Setelah formulir selesai diisi, maka akan ada proses tunggu sekitar satu menit. Lantas muncul halaman visa online Taiwan, yang harus dicetak dan ditunjukkan ke petugas imigrasi di Taiwan.

Perlu dicatat, paspor dengan visa negara lain sebagai jaminan masuk juga harus dibawa bersama visa online Taiwan yang sudah dicetak.

Alternatif lain

Bagaimana bagi wisatawan yang tidak memiliki visa Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea, atau negara-negara Schengen?

Anda dapat membuat visa di Taipei Economic and Trade Office (TETO) Jakarta, beralamat di Gedung Artha Graha, Lantai 17, Jalan Jendral Sudirman Kavling 52-53.

Berbeda dengan visa online dengan jaminan visa negara lain, pembuatan visa di TETO dikenakan biaya.

Biaya pembuatan visa untuk sekali masuk Rp 650.000, sedangkan visa kunjungan berkala Rp 1,3 juta, dan visa express memerlukan penambahan biaya 50 persen.

TETO menjanjikan pengerjaan visa berlangsung selama tiga hari, sedangkan visa express dikerjakan satu sampai dua hari kerja.

Visa ke Taiwan dibagi dalam delapan jenis, yang terdiri dari:

1. Wisata, mengunjungi kerabat, kunjungan sosial (kode visa : P)
2. Bisnis (kode visa : B)
3. Bekerja jangka pendek termasuk profesional dan pertunjukan (kode visa : A)
4. Pelatihan karyawan, magang (kode visa : FT)
5. Menghadiri konferensi internasional , pameran (kode visa : IM)
6. Pemuka agama dan pelayanan agama (kode visa : R)
7. Belajar bahasa dan sekolah agama (kode visa : FR)
8. Pengobatan Medis (kode visa : M)

Seluruhnya memiliki persayaratan dokumen yang berbeda, dapat dilihat di situs berikut https://www.roc- taiwan.org/idsub_id/post/143.html.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar
Close Ads X