Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Transportasi ke Tana Toraja

Kompas.com - 14/07/2018, 11:00 WIB
Gaby Bunga Saputra,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tana Toraja di Sulawesi Selatan dikenal dunia sebagai daerah yang memiliki budaya dan adat istiadat yang unik dan kaya dibungkus oleh kekayaan dan keindahan alamnya yang sangat asri dan menakjubkan. Tentu berbagai kemudahan disediakan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Toraja.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta hendak ke Toraja, tidak perlu khawatir karena tersedia berbagai pilihan transportasi untuk menuju kesana. Berikut KompasTravel rangkum beberapa pilihan transportasi perjalanan ke Toraja dari Jakarta berdasarkan brosur Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tana Toraja.

Anda bisa menggunakan pesawat rute Jakarta (CGK) – Makassar (UPG). Terdapat lima maskapai yang menyediakan rute ini, Citilink, Lion, Batik Air, Sriwijaya dan Garuda. Setiap harinya terdapat lebih dari 20 penerbangan menuju Makassar dari Jakarta.

Pesawat

Banyak maskapai yang menyediakan penerbangan ke Makassar dari Jakarta. Maskapai Garuda Indonesia, Citilink, AirAsia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Batik Air bisa menjadi pilihan.

Dari Makassar, Anda bisa melanjutkan perjalanan melalui jalur darat atau jalur udara ke titik terdekat dari Toraja yaitu Palopo.

Perjalanan via jalur darat dari Makassar ke Toraja memakan waktu sekitar 6 – 8 jam. Untuk penerbangan dari Makassar ke Palopo tersedia maskapai Garuda dan Wings Air dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Setelah mendarat di Palopo Anda bisa melanjutkan perjalanan melalui darat menuju Toraja selama kurang lebih satu jam.

Bus dan mobil eksklusif

Terdapat lima pemberangkatan bus dari Makassar menuju Tana Toraja PP yang dilayani oleh beberapa perusahaan angkutan ber-AC, Litha & Co., Metro Permai, Linan Express, Bintang Prima, Bintang Timur, Manggala Trans, dan masih banyak lagi.

Pemberangkatan dimulai pukul 08.00, 10.00, 13.00, 20.00, dan 21.30. Terdapat kelas biasa dan AC. Juga terdapat agen perjalanan atau min bus pribadi yang tersedia untuk pemberangkatan dengan waktu bebas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com