Kompas.com - 14/07/2018, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisata Jawa Tengah tak hanya Borobudur dan Karimun Jawa dengan beberapa desa wisatanya, Jawa Tengah punya puluhan desa wisata yang menarik dari Berebes sampai Rembang.

Ke 34 desa wisata tersebut hadir dalam Festival Desa Wisata Jawa Tengah 2018, yang diselenggarakan pada 14 – 15 Juli 2018 di Alun-alun Bung Karno, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Mengutip siaran pers Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah kepada KompasTravel, Kamis (12/7/2018), festival ini rutin digelar setiap tahun, dan merupakan yang kali keempat.

"Tujuan dari festival ini adalah menyediakan desa-desa wisata unggulan yang dapat dijadikan pilihan berwisata oleh masyarakat yang ke Jawa Tengah," tutur Urip Sihabudin, Kepala Disporapar Provinsi Jawa Tengah.

Desa Wisata Kandri di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.TRIBUN JATENG/M SYOFRI KURNIAWAN Desa Wisata Kandri di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Tema festival kali ini “Maju Bersama Desa Wisata”. Tema itu berarti gotong-royong seluruh stakeholder dan masyarakat mengkreasikan potensi yang ada menjadi sebuah destinasi wisata yang unik, kreatif dan inovatif.

"Festival ini sebagai etalase mini desa wisata Jawa Tengah yang komplit, menghadirkan berbagai produk, kesenian dan daya tarik dari 34 desa," ujarnya.

Beberapa desa wisata yang sudah populer di Jawa Tengah juga turut unjuk potensi, seperti Desa Kembang Langit, Kaliwungu, Cikendung, Ketawangrejo, Tidar, Sidowayah, Karangsalam, Senjoyo, Dieng, Kandri, Winduaji, dan masih banyak lagi.

Pengunjung yang hadir bukan hanya bisa melihat langsung berbagai potensi desa wisata, tetapi juga mencicipi kuliner khas dari desa wisata ujung timur (Rembang) sampai dengan ujung Barat (Brebes) dari utara (Jepara) sampai selatan (Cilacap) Jawa Tengah di satu tempat.

Asyiknya, wisatawan yang datang jika tertarik bisa langsung memesan paket-paket wisata dan produk yang ditawarkan.

"Harapannya festival ini menjadi semangat bersama membangun Jawa Tengah dari sektor wisata. Mari kita berdaya bersama desa wisata. Maju Bersama desa wisata," tutup Urip.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.