Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harus Tahu, Bedanya "Tour Leader" dan Pemandu Wisata

Kompas.com - 15/07/2018, 12:20 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tour Leader seringkali disamakan dengan pemandu wisata. Padahal dalam dunia wisata, keduanya ternyata memiliki pekerjaan yang berbeda.

"Tour Leader itu orang yang membawa rombongan wisatawan, biasanya ke luar negeri. Ia bertanggung jawab apapun yang terjadi dengan rombongan tersebut. Dia yang membawa, mengantarkan, bisa juga Tour Leader merangkap jadi pemandu," kata Ketua Dewan Penasehat Indonesia Tour Leader Association, Rudiana saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (14/7/2018).

Lebih mudahnya, Rudiana mengumpamakan Tour Leader membawa rombongan wisatawan Indonesia ke Bangkok. Sampai di Bangkok, ada pemandu wisata lokal yang menjelaskan mengenai obyek wisata.

Namun tidak menutup kemungkinan seorang Tour Leader menguasai informasi mengenai obyek wisata suatu negara. Sehingga pekerjaannya merangkap jadi pemandu dan agen perjalanan tidak mempekerjakan pemandu lokal.

Baca juga: Viral, Turis Indonesia Ditinggal Tour Leader saat Wisata di Maroko

Rudiana mengatakan seorang Tour Leader harus memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Kerja Tour Leader saat berwisata mencakup berbagai hal mulai dari pengaturan koper, kelancaran transportasi, konsumsi, sampai akomodasi.

Sehingga bisa dibilang, Tour Leaderibarat dalang yang mengatur semua detail agar wisata rombongan wisatawan dapat berjalan lancar.

"Itu kalau di luar negeri. Kalau di Indonesia Tour Leader bisa tidak ikut berangkat ke destinasi, tetapi diserahkan ke pemandu wisata lokal ketika berwisata. Khususnya kalau tamunya orang lokal," jelas Rudiana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com