Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Icip-icip Murtabak, Martabak Asal Singapura...

Kompas.com - 16/07/2018, 22:24 WIB
Moh Nadlir,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jika berkunjung ke Singapura, Anda patut mencicipi kuliner murtabak di Singapore Zam Zam Restaurant.

Lokasinya di North Bridge Road, tak jauh dari Masjid Sultan, Kampung Gelam, Singapura.

Sekilas, murtabak mirip dengan martabak yang ada di Indonesia. Baik dari adonannya, cara memasaknya, tekstur dan isinya.

Bedanya, murtabak di sini punya varian daging yang bermacam-macam. Seperti daging rusa, domba, sapi, ayam, serta sarden.

Murtabak daging rusa paling terkenal dan paling dicari pecinta kuliner.

Murtabak bisa Anda pesan dengan empat ukuran yaitu small, medium, large dan extra large. Penulis pun mencoba Murtabak Sarden yang berukuran medium.

Papan nama Singapore Zam Zam Restaurant di North Bridge Road, tak jauh dari Masjid Sultan, Kampung Gelam, Singapura, Jumat (13/7/2018).KOMPAS.COM/MOH NADLIR Papan nama Singapore Zam Zam Restaurant di North Bridge Road, tak jauh dari Masjid Sultan, Kampung Gelam, Singapura, Jumat (13/7/2018).

Ukuran medium idealnya bisa untuk dimakan 3-4 orang. Saking besarnya, penulis dengan dua orang teman pun tak mampu menghabiskan satu porsi murtabak tersebut.

Murtabak di sini disajikan dengan bumbu kari yang luar biasa gurih. Ada juga saus tomat dan mentimun yang disediakan sebagai pelengkap.

Tekstur murtabak mirip seperti roti canai yang biasa kita temukan di Indonesia. Karenanya, dijamin, Anda akan sangat kenyang dengan hanya makan murtabak.

Cara makannya, Anda bisa pakai garpu dan sendok atau langsung menggunakan tangan.

Satu porsi murtabak dibanderol dengan harga mulai dari 5-18 dollar Singapura. Jadi soal murah atau mahal, tergantung ukuran yang Anda pesan.

Suasana pecinta kuliner menikmati Murtabak di lantai 2 Singapore Zam Zam Restaurant, Singapura, Jumat (13/7/2018).KOMPAS.COM/MOH NADLIR Suasana pecinta kuliner menikmati Murtabak di lantai 2 Singapore Zam Zam Restaurant, Singapura, Jumat (13/7/2018).

Restoran makanan Muslim yang diklaim berdiri sejak 1908 ini bahkan disebut sebagai penjual murtabak pertama di Singapura. Kedai ini buka sampai pukul 23.00 waktu setempat.

Anda bisa menikmati murtabak langsung di tempat, atau dibawa pulang ke hotel atau penginapan.

Jika makan di tempat, Anda bisa makan di lantai 1 atau 2. Tenang, tempatnya sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan sehingga Anda tak perlu kepanasan.

Selain murtabak, Anda juga bisa memesan Nasi Briyani dengan berbagai macam varian. Ada Nasi Briyani dengan daging rusa, domba, sapi dan ikan.

Ada juga kari kepala ikan yang menggugah selera.

Anda haus? Jangan khawatir, berbagai minuman pun disajikan. Mulai dari teh tarik sampai kopi, Milo, dan minuman dingin-panas lainnya ada. Ukurannya pun jumbo!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com