Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada di Okinawa, Jembatan Non Tol Terpanjang di Jepang

Kompas.com - 17/07/2018, 10:08 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

NAHA, KOMPAS.com - Jika Indonesia punya Jembatan Suramadu di Jawa Timur, Jepang punya Jembatan Kouri (Kouri Bridge). Jembatan Kouri merupakan jembatan non tol terpanjang di Okinawa, sekaligus di Jepang, melintasi perairan Laut China Selatan.

Saat Anda berkunjung ke Okinawa, Jepang, sempatkan untuk menyeberangi jembatan sepanjang dua kilometer ini. Kecanggihan teknologi Jepang dalam pembangunan dapat Anda lihat di jembatan ini.

Baca juga: 4 Hal Menarik yang Bisa Anda Lakukan di Churaumi Aquarium Okinawa, Jepang

Suara deburan ombak yang cukup besar dari lautan ditemani kencangnya angin laut menerpa mini van yang KompasTravel tumpangi saat menyeberangi jembatan tersebut, Sabtu (30/6/2018).

Namun, tidak ada kekhawatiran dari para wisatawan ataupun warga lokal akan kokohnya jembatan ini. Jembatan yang mulai beroperasi tahun 2005 ini menghubungkan Pulau Kouri dengan Pulau Yagaji, yang berdampingan dengan pulau utama Okinawa.

"Kouri ini pulau yang paling mudah diakses dengan mobil, termasuk untuk wisatawan. Banyak tempat wisata di dalamnya," tutur Ai Munakata, salah satu guide resmi lisensi Pemerintah Okinawa.

Berjalan diatas jembatan terpanjang di Jepang sepanjang 5 kilometer dari Naha ke Pulau Kouri, Sabtu (30/6/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Berjalan diatas jembatan terpanjang di Jepang sepanjang 5 kilometer dari Naha ke Pulau Kouri, Sabtu (30/6/2018).
Mobil pun berjalan cukup lambat, sekitar 20 kilometer per jam, sang supir mempersilakan wisatawan yang ada di dalam menikmati pemandangan tropis ala Jepang di Laut China Selatan.

Baca juga: Kastil Ini Bukti Jepang Punya Kerajaan Besar di Okinawa

Sebagai jalan non tol, jembatan ini hanya bisa dilalui oleh mobil dan sejenisnya. Angin yang berembus sangat kencang akan membuat sulit dan berbahaya bagi motor.

Dilihat dari arsitekturnya, jembatan ini tidak menggunakan tali-tali baja, atau penyangga lainnya di bagian atas. Saya dan wisatawan dalam mobil berpikir, mungkin inilah teknologi Jepang.

"Tanpa tali baja atau beton-beton penyangga di atas tetep kuat ya jembatannya," tutur Leo, salah satu wisatawan asal Indonesia yang bersama KompasTravel.

Wisatawan melihat jembatan dan Pulau Okinawa dari atas Tower Pulau Kouri, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan melihat jembatan dan Pulau Okinawa dari atas Tower Pulau Kouri, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018).
Namun, birunya laut, deburan ombak, dan sesekali pemandangan pulau-pulau kecil Jepang melupakan pemikiran kita tentang arsitektur tersebut. Ingin rasanya untuk turun, berfoto di sisi jembatan berlatar birunya lautan.

Namun ternyata ada peraturan tegas yang melarang wisatawan memarkirkan kendaraan di sisi jalan, dan turun untuk melakukan hal apa pun sepanjang jembatan tersebut. Lokasi parkir hanya ada di ujung-ujung awal dan akhir jembatan.

Sekitar 15 menit sudah kita melewati jembatan terpanjang di Jepang ini. Keindahan pasir putih Pulau Kouri menyambut wisatawan, tetapi tujuan kita selanjutnya bukanlah pantai, melainkan menara tinggi di tengah pulau ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com