Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendes PDT Segera Bentuk Desa Wisata Berbasis Kopi di Bondowoso

Kompas.com - 17/07/2018, 11:22 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDT), dalam waktu dekat akan membentuk desa wisata berbasis kopi di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Demikian disampaikan Mendes PDT, Eko Putro Sandojojo, usai membuka Festival Desa Nusantara di Kabupaten Bondowoso, Senin (16/7/2018) malam.

Menurut Eko, Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Untuk itu, potensi tersebut harus terus dikembangkan.

“Tadi saya sudah ngobrol dengan pak bupati, kita akan membentuk desa wisata berbasis kopi di sini (Bondowoso),” katanya.

Baca juga: Tahun 2018 Pemkab Bondowoso Targetkan 500.000 Wisatawan

Di dalam desa wisata kopi tersebut, para tamu akan disiapkan sejumlah fasilitas seperti homestay, sekaligus bisa memetik kopi secara langsung dari pohonnya.

“Kita juga akan latih barista di Bondowoso agar bisa menyajikan kopi kepada para tamu yang dating ke desa wisata kopi,” ungkapnya.

Baca juga: Inilah Kopi Bulan Madu, Kopi Khas Bondowoso

Menurut Eko, selama ini desa wisata yang sudah ada di sejumlah daerah, mampu menyerap tenaga kerja luar biasa sehingga angka kemiskinan jumlahnya terus menurun.

“Bondowoso saja angka kemiskinannya semakin menurun, dari 22 persen lebih turun menjadi 14,5 lebih. Ini prestasi luar biasa, makanya kita dorong agar angka tersebut semakin turun,” tambahnya.

Kabupaten Bondowoso menghasilkan kopi Arabica Java Ijen Raung yang telah menembus pasar ekspor Eropa.KOMPAS.com/KURNIASIH BUDI Kabupaten Bondowoso menghasilkan kopi Arabica Java Ijen Raung yang telah menembus pasar ekspor Eropa.
Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, menyambut baik pembentukan desa wisata berbasis kopi tersebut. “Tentu saya mengucapkan terima kasih kepada pak menteri dengan support tersebut,” katanya.

Apalagi, Bondowoso sebagai penghasil kopi arabika terbaik, saat ini sudah mendeklarasikan sebagai Republik Kopi.

“Potensi kopi cukup melimpah, dan Alhamdulillah sejak beberapa tahun yang lalu, kopi kita sudah berhasil menembus pasar internasional,” kata Amin Said Husni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com