Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Destinasi Wisata Favorit Libur Tengah Tahun Turis Indonesia

Kompas.com - 18/07/2018, 16:16 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur tengah tahun 2018 tercatat lebih panjang, selain karena libur Lebaran yang lebih lama, juga kerena beriringan dengan libur sekolah sekaligus kuliah.

Turis Indonesia tak hanya berlibur di dalam negeri saja saat libur tengah tahun, melainkan juga ke beberapa destinasi mancanegara masuk daftar yang banyak dikunjungi.

Meski begitu, mayoritas destinasi libur tengah tahun 2018 masih didominasi destinasi dalam negeri, dengan tempat favorit Bali. 

Bali, dengan sederet festival tengah tahunnya, muncul sebagai tujuan utama bagi wisatawan Indonesia, berdasarkan data terbaru yang dirilis Agoda pada KompasTravel, Selasa (17/7/2018).

Dikutip dari siaran persnya, berbagai festival tengah tahun di Bali mampu menyedot minat kunjungan wisatawan nusantara, mulai Pesta Kesenian Bali (PKB) yang diadakan setiap tahun pada Juni-Juli.

Dalam festival itu wisatawan dihibur dengan berbagai kesenian tari, musik, dan ekspresi seni Bali lainnya di Taman Budaya-Art Center, Denpasar, Bali.

Lalu ada Festival Layang-layang Bali pada Juli-Oktober, yang akan menghiasi langit dengan ratusan kreasi layang-layang warna-warni. Setelah itu ada serunya balap kerbau dalam tradisi Makepung (Juli-November), hingga pesta terbesar bagi sastrawan di Ubud Writer Festival (Oktober), yang membuat para pelancong memiliki banyak alasan untuk terus kembali ke Bali.

Osaka, Jepang.SHUTTERSTOCK Osaka, Jepang.
Kota Bandung jadi kota favorit kedua dalam destinasi utama wisatawan Indonesia. Sebagai tempat wisata di Jawa Barat favorit warga Jakarta, Kota Bandung terkenal dengan pusat belanja distro dan tempat kuliner Sunda, belum lagi wisata almnya yang menyejukkan.

Untuk destinasi wisata luar negeri, Jepang menjadi pilihan utama, dengan Tokyo dan Osaka sebagai tujuan favorit.

Festival Musim Panas Tokyo Ueno pada Juli-Agustus menjadi salah satu acara yang menarik banyak pengunjung dengan upacara Toro Nagashi (lentera) yang memesona, pameran patung es di luar ruangan, dan pertunjukan di teater terbuka Suijo Ongakudo.

Untuk kota Osaka, ada festival Tenjin dan Gion Matsuri yang paling menarik di tengah tahun tepat pada bulan Juli.

Di urutan selanjutnya diduduki kota-kota besar di Asia Tenggara yang masih banyak dikunjungi wisatawan Indonesia, ialah Singapura, Kuala Lumpur, dan Bangkok.

Berikut urutan 10 destinasi wisata fevorit liburan tengah tahun warga Indonesia, berdasarkan riset Agoda.

1 Bali

2 Bandung

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com