Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tour de Central Celebes Digelar Oktober 2018

Kompas.com - 18/07/2018, 22:00 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ajang balap sepeda bertaraf internasional di Sulawesi Tengah, Tour de Central Celebes (TdCC) kembali digelar untuk kali kedua pada 14 hingga 18 Oktober 2018.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan tahun ini ada penambahan etape, di mana tahun lalu hanya melalui tiga etape.

“Event andalan TdCC 2018 ini kita gelar yang kedua kalinya terbagi atas lima etape yang didukung oleh 6 kabupaten dan satu kota di Sulawesi Tengah,” ujar Longki dalam acara Launching Calendar of Event (CoE) Sulawesi Tengah 2018 ‘Bringing Central Celebes to The World’ di kantor Kementerian Pariwisata Jakarta, Selasa siang (17/7/2018).

Dari lima etape tersebut, para peserta akan menempuh jarak sekitar 738 kilometer melintasi kabupaten dan kota di ProvinsiSulteng.

Beberapa diantaranya ialah Kabupaten Banggai, Kabupaten Tojo Una Una, Kabupaten Poso, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi, Kabupateng Donggala, dan Kota Palu.

Hingga saat ini, Longki mengatakan sudah ada sekitar 24 tim yang mendaftar, diantaranya 19 tim mancanegara dan 5 tim nasional.

Tak hanya aktivitas balap sepeda, event ini juga tentunya bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Sulawesi Tengah.

“Nantinya di setiap etape kita akan adakan pentas seni dan budaya. Selain itu kita juga akan perkenalkan wisata yang ada di masing-masing etape,” pungkas Longki.

Menurut dia, banyak wisata dari tiap kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah yang dapat diperkenalkan.

Ada air terjun, Pulau Dua, wisata bahari di Kepulauan Togean, Danau Poso, Pantai Imbo, Pantai Pusat Laut, Pantai Tanjung Karang, Jembatan Palu, dan masih banyak wisata lainnya.

Longki berharap etape dalam Tour de Central Celebes di tahun mendatang bisa diperpanjang lagi dari tahun ini. Selain itu, event ini juga diharapkan dapat membuat pariwisata di Sulawesi Tengah menjadi wisata kelas dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com