Kompas.com - 19/07/2018, 06:39 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri), Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan), saat mencoba Helicity moda trasnportasi udara antar kota, di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017). KOMPAS.COM/Anggita MuslimahMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri), Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan), saat mencoba Helicity moda trasnportasi udara antar kota, di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta Gubernur Sulawesi Tengah dan Wali Kota Palu menjadikan Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu bisa dijadikan bandara internasional.

“Pak Gubernur harus jadikan Bandara di Palu menjadi International Airport jika mau event dan pariwisata di Sulawesi Tengah bertaraf internasional,” ujar Arief dalam Launching Calendar of Event (CoE) Sulawesi Tengah 2018 "Bringing Central Celebes to The World" di kantor Kementerian Pariwisata Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Baca juga: Menpar Dorong Banyuwangi Jadi Bandara Internasional

Ia melanjutkan, Palu dapat menjadi hub di wilayah timur sehingga akan ada penerbangan singgah dan transit sebelum ke kota lain.

Bila Pemprov Sulteng dapat menjadikan bandara di Palu menjadi bandara internasional, Arief juga mengatakan Kementerian Pariwisata akan memberikan subsidi untuk penerbangan di bandara tersebut.

Sementara itu, Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyambut baik tantangan dari Menpar.

Ia mengatakan bahwa aksesibilitas dan konektivitas penerbangan maupun melalui pelayaran menjadi fokus perhatian pemerintah daerah Sulteng.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, tambah Gubernur Sulteng, untuk mendukung pariwisata di Sulawesi, telah disepakati oleh 6 provinsi bahwa Sulawesi nantinya dibuat menyambung dan saling terkoneksi dengan mengembangkan sistem transportasi darat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.