Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tempat Persinggahan Api Obor Asian Games di Yogyakarta

Kompas.com - 19/07/2018, 10:24 WIB
Gaby Bunga Saputra,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Api abadi India dan Mrapen untuk Asian Games 2018 setelah singgah di Semarang akan melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta. Api abadi sampai di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta pada pukul 08.00 WIB.

Perjalanan api abadi akan dilanjutkan pada pukul 08.30 dari Landasan Udara Adisucipto menuju Museum Dirgantara diiringi marching band TNI AU. Kemudian api abadi diinapkan di Museum Dirgantara.

Murid TK mengunjungi Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala yang berada di kompleks Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (23/4/2017). Museum tersebut menjadi sarana mengenalkan sejarah perkembangan TNI AU sekaligus memupuk daya tarik generasi muda pada dunia kedirgantaraan.KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Murid TK mengunjungi Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala yang berada di kompleks Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (23/4/2017). Museum tersebut menjadi sarana mengenalkan sejarah perkembangan TNI AU sekaligus memupuk daya tarik generasi muda pada dunia kedirgantaraan.

Museum Dirgantara

Museum Dirgantara terletak di komplek Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto Yogyakarta. Museum yang memberikan wawasan tentang sejarah perkembangan angkatan udara Republik Indonesia buka untuk umum setiap harinya pukul 08.30 – 15.00.

Berbagai koleksi kisah dan benda-benda bersejarah tentang TNI AU ada di museum ini, seperti koleksi peninggalan para pahlawan udara, pesawat miniature, senjata api, senjata tajam, mesin pesawat, dan banyak lagi. Berbagai koleksi pesawat juga dipamerkan di museum itu.

Pemandangan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi di belakangnya.SHUTTERSTOCK Pemandangan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi di belakangnya.
Candi Prambanan

Candi prambanan yang dibangun sejak abad kesembilan Masehi terletak 20 kilometer timur Yogyakarta. Selain dikenal dengan nama Candi Prambanan, candi ini juga biasa disebut Candi Rara Jonggrang dari legenda Rara Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara ini terdiri atas delapan candi utama dan 250 candi kecil. Luas kompleks candi mencapai 39,8 hektar dan tinggi Candi Prambanan 47 meter menunjukkan kejayaan Hindu saat itu di tanah Jawa.

Candi Prambanan telah masuk dalam daftar warisan budaya dunia sejak tahun 1991. Di sekitar area candi juga terdapat taman yang menjadikan candi ini sebagai salah satu obyek wisata budaya yang menarik untuk Anda kunjungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com