Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasanya Duduk 7 Jam di Kursi Pesawat Kelas Ekonomi Terbaik di Dunia

Kompas.com - 19/07/2018, 12:07 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua tahun berturut-turut maskapai Japan Airlines atau disingkat JAL mendapat penghargaan sebagai maskapai dengan Kursi Kelas Ekonomi Terbaik di Dunia dari Skytrax.

Kursi memang menjadi elemen penting dalam sebuah perjalanan menumpang pesawat. Sekitar 95 persen waktu penumpang dihabiskan di kursi. Oleh karena itu, kenyamanan kursi pesawat menjadi salah satu faktor kepuasan penumpang.

Menariknya JAL memimpin di kursi kabin kelas ekonomi. Dibanding kelas utama dan bisnis, tentu ada kenyamanan yang berkurang jika dibandingkan dengan kelas ekonomi.

Baca juga: Makanan Maskapai Mana yang Terbaik di Dunia?

Senyaman apa kursi kelas ekonomi JAL hingga didapuk sebagai yang terbaik di dunia oleh lembaga pemeringkat penerbangan global independen, Skytrax pada 2015, 2017, dan 2018?

KompasTravel pertama kali menjajal kursi kelas ekonomi JAL pada Desember 2017. Kala itu resor Club Med bekerja sama dengan JAL mengundang media dan blogger ke Hokkaido, Jepang.

Tanpa saya sadari, Jakarta ke Narita ternyata adalah salah satu rute yang menghadirkan kursi pesawat Sky Wider. Sebutan kursi kelas ekonomi terbaik dari JAL.

Baca juga: Maskapai Kelas Ekonomi Terbaik Dunia 2018 Didominasi dari Asia

Pada situs resminya, JAL menyebutkan kursi ekonomi Sky Wider dirancang khusus. Jarak antar bangku lebih lebar, sekitar 84-86 sentimeter. Kemudian kursinya berukuran lebih lebar, sekitar 47 sentimeter.

Jika diperhatikan lebih seksama juga kursi Sky Wider JAL lebih tipis ketimbang kursi maskapai lain. Kursi ini juga memiliki pola lekukan di bagian punggung kursi.

Baca juga: 10 Maskapai Terbaik di Dunia 2018, Garuda Indonesia Nomor Berapa?

Awal menduduki kursi ini saya merasa aneh, lantaran biasa menggunakan kursi pesawat yang tebal. Hal selanjutnya yang saya sadari adalah ruang gerak untuk kaki yang lebih lebar.

Kursi Sky Wider juga punya tempat menyimpan barang yang lebih banyak. Ada jaring tempat menyimpan botol air dan dompet, dan satu jaring lagi untuk botol air, serta tempat aksesoris seperti untuk menggantung headphone.

Di bagian kolong kursi, dapat menyimpan tas sandang karena bagian kolong cukup lebar.

Kabin kelas ekonomi di Japan Airlines, Sky Suite 787. Dok.Airsoc.com Kabin kelas ekonomi di Japan Airlines, Sky Suite 787.
Lama kelamaan, kursi ini baru terasa nyaman. Motif lekukan di punggung kursi ternyata membuat punggung tidak begitu pegal untuk duduk dalam waktu lama. Busa kursinya juga pas, baik di bagian kepala atau dudukan. Sama sekali tidak ada yang terasa mengganjal.

Pengalaman lainnya dari kursi ini adalah memudahkan untuk ke toilet. Duduk di kursi dekat jendela terkadang repot ketika harus melewati kursi sebelah.

Namun karena jarak antar kursi depan dan belakang cukup lebar, dan busa kursi Sky Wider tidak tebal, membuat saya sangat mudah untuk lewat.

Bisa dibilang saking nyamannya duduk di kursi JAL ini, penerbangan dari Jakarta ke Narita, Tokyo selama tujuh jam saya habiskan dengan tidur. Begitu juga ketika penerbangan pulang. Saya hanya bagun jika waktu makan tiba.

Waktu pulang ke Jakarta akhirnya saya penasaran, mengapa kursi pesawat yang saya tumpangi begitu berbeda. Ternyata ketika melihat kursi Sky Wider diganjar kursi kelas ekonomi terbaik di dunia, saya tak lagi heran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com