Rasanya Duduk 7 Jam di Kursi Pesawat Kelas Ekonomi Terbaik di Dunia

Kompas.com - 19/07/2018, 12:07 WIB
Kursi kelas ekonomi Japan Airlines, Sky Wider. Dok. JALKursi kelas ekonomi Japan Airlines, Sky Wider.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua tahun berturut-turut maskapai Japan Airlines atau disingkat JAL mendapat penghargaan sebagai maskapai dengan Kursi Kelas Ekonomi Terbaik di Dunia dari Skytrax.

Kursi memang menjadi elemen penting dalam sebuah perjalanan menumpang pesawat. Sekitar 95 persen waktu penumpang dihabiskan di kursi. Oleh karena itu, kenyamanan kursi pesawat menjadi salah satu faktor kepuasan penumpang.

Menariknya JAL memimpin di kursi kabin kelas ekonomi. Dibanding kelas utama dan bisnis, tentu ada kenyamanan yang berkurang jika dibandingkan dengan kelas ekonomi.

Baca juga: Makanan Maskapai Mana yang Terbaik di Dunia?

Senyaman apa kursi kelas ekonomi JAL hingga didapuk sebagai yang terbaik di dunia oleh lembaga pemeringkat penerbangan global independen, Skytrax pada 2015, 2017, dan 2018?

KompasTravel pertama kali menjajal kursi kelas ekonomi JAL pada Desember 2017. Kala itu resor Club Med bekerja sama dengan JAL mengundang media dan blogger ke Hokkaido, Jepang.

Tanpa saya sadari, Jakarta ke Narita ternyata adalah salah satu rute yang menghadirkan kursi pesawat Sky Wider. Sebutan kursi kelas ekonomi terbaik dari JAL.

Baca juga: Maskapai Kelas Ekonomi Terbaik Dunia 2018 Didominasi dari Asia

Pada situs resminya, JAL menyebutkan kursi ekonomi Sky Wider dirancang khusus. Jarak antar bangku lebih lebar, sekitar 84-86 sentimeter. Kemudian kursinya berukuran lebih lebar, sekitar 47 sentimeter.

Jika diperhatikan lebih seksama juga kursi Sky Wider JAL lebih tipis ketimbang kursi maskapai lain. Kursi ini juga memiliki pola lekukan di bagian punggung kursi.

Baca juga: 10 Maskapai Terbaik di Dunia 2018, Garuda Indonesia Nomor Berapa?

Awal menduduki kursi ini saya merasa aneh, lantaran biasa menggunakan kursi pesawat yang tebal. Hal selanjutnya yang saya sadari adalah ruang gerak untuk kaki yang lebih lebar.

Kursi Sky Wider juga punya tempat menyimpan barang yang lebih banyak. Ada jaring tempat menyimpan botol air dan dompet, dan satu jaring lagi untuk botol air, serta tempat aksesoris seperti untuk menggantung headphone.

Di bagian kolong kursi, dapat menyimpan tas sandang karena bagian kolong cukup lebar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X