Kompas.com - 19/07/2018, 17:44 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Minuman bubble tea atau disebut "zhenzhu naicha" di negara asalnya yakni Taiwan, populer sampai ke Indonesia.

Di Indonesia pada 2010-2014 menjamur gerai bubble tea di pusat perbelanjaan. Sampai sekarang masih ada gerai bubble tea dengan pelanggan setianya.

"Di Taiwan kota asal bubble tea ini di Taichung. Ada dua merek yang selalu mengklaim sebagai penemu pertama. Dari Taiwan kemudian menyebar ke China daratan dan kemudian ke luar negeri," kata representatif dari Taiwan, John saat KompasTravel diundang menjajal enam taman bermain di Taiwan, Taichung, Selasa (10/7/2018).

Penasaran, akhirnya KompasTravel menjajal salah satu gerai bubble tea di Kota Tainan. Nama gerai bubble tea ini adalah TP Tea.

Baca juga: Ini Dia Sejarah Bubble Tea dari Taiwan

Mirip seperti di gerai bubble tea Indonesia, gerai bubble tea di Taiwan juga punya banyak varian rasa dari aneka campuran bahan minuman. Menunya tertulis dalam huruf Mandarin, tetapi tetap ada terjemahan dalam Bahasa Inggris di bawah huruf Mandarin.

Kebetulan pemesanan dibantu oleh tour leader kami, Vivian. Ia memesan bubble tea rasa original.

"Jadi kalau di Taiwan pilihan susunya ada dua. Susu murni atau susu manis. Kalau mau sehat tentu susu murni, tetapi kalau mau enak yang susu manis," jelas Vivian.

TP Tea, salah satu gerai bubble tea di Taiwan.Dok TP Tea TP Tea, salah satu gerai bubble tea di Taiwan.

Selain pilihan susu, tingkatan gula juga dapat dipilih. Hitungannya dalam persentase, 100 persen, 50 persen, 30 persen, dan tidak sama sekali.

Pilihan jatuh pada susu manis, gula 50 persen, dengan topping puding dan bubble tea. Jadilah segelas zhenzhu naicha alias bubble tea berukuran besar. Sekali seruput rasa bubble tea yang manis dan dingin melegakan dahaga.

Meskipun sekilas tampak mirip dengan di Indonesia, tetapi bubble tea di Taiwan ternyata punya cita rasa yang berbeda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.