Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Muara Baru Digelar Selama Sebulan

Kompas.com - 19/07/2018, 19:30 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Muara Baru 2018 diselenggarakan di daerah Muara Baru, Jakarta dari 17 Juli-17 Agustus 2018. Acara terdiri dari bersih-bersih area Muara Baru oleh 500 peserta, pengelolaan sampah serta berbagai lomba untuk masyarakat.

"Melalui Festival Muara Baru, kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama merayakan hari jadi PPS Nizam Zachman Jakarta dan HUT RI melalui berbagai kegiatan positif. Di antaranya bersih-bersih kawasan, lomba masak ikan oleh koki nelayan kapal, kompetisi dragon boat, dan donor darah,” ujar Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto Suanda sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel.

Pada Jumat (20/7/2018) akan diselenggarakan Gerakan Muara Baru Bersih. Aksi bersih-bersih ini menargetkan sedikitnya 500 peserta untuk berpartisipasi dalam agenda bersih lingkungan yang dilanjutkan dengan workshop mengenai pengelolaan sampah.

Selanjutnya dari 27 Juli hingga 3 Agustus 2018, berbagai lomba dan pertandingan akan diselenggarakan untuk seluruh masyarakat mulai dari pertandingan futsal, tenis meja, lomba mancing hingga panjat pinang dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Puncak acara Festival Muara Baru dihelat pada Sabtu, 11 Agustus 2018. Sejumlah kegiatan digelar untuk menyemarakkan puncak festival seperti zumba, lomba masak ikan oleh juru masak nelayan kapal, makan ikan gratis, kompetisi perahu naga, lomba foto Instagram, dan donor darah.

Di area festival juga dilengkapi area bermain anak dan lomba mewarnai untuk diikuti oleh anak usia 12 tahun ke bawah dengan hadiah menarik. Festival Muara Baru akan ditutup dengan Upacara Peringatan HUT RI ke-73 pada Jumat (17/8).

Ajang ini diselenggarakan oleh Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ).

Acara festival ini diharapkan mampu memperkuat posisi Muara Baru sebagai ikon DKI Jakarta sebagai pelabuhan perikanan yang bercitra sehat, bersih dan nyaman. Festival ini juga diharapkan mampu meningkatkan kerjasama dengan para stakeholder.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com