Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Orang Jepang Menginap di Hotel Kapsul? Ini Jawabannya...

Kompas.com - 20/07/2018, 21:00 WIB
Gaby Bunga Saputra,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat ini hotel kapsul menjadi salah satu pilihan akomodasi yang diminati pada wisatawan di dunia. Penginapan unik yang sedang naik daun ini terkenal karena memberikan pengalaman unik dengan harga terjangkau.

Di Indonesia cenderung menggunakan hotel ini dari segi pengalaman unik dan hemat biaya. Di Indonesia hotel kapsul memberikan pilihan bagi para traveler untuk menghemat biaya dari segi akomodasi yang biasanya memakan biaya besar untuk perjalanan Anda.

Tren hotel kapsul di Indonesia sendiri jadi salah satu akomodasi yang cocok bagi wisatawan yang berpergian sendirian (solo traveler), backpacker, budget traveler, atau berpergian rombongan tetapi ingin memiliki privasi sendiri saat istirahat.

Kapsul tipe deluxe di KINI Luxury Capsule, Pluit, Jakarta Utara.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Kapsul tipe deluxe di KINI Luxury Capsule, Pluit, Jakarta Utara.
Hotel kapsul merupakan akomodasi berbagai, dalam satu ruangan diisi oleh beberapa orang dengan ranjang yang terbagi dengan bilik layaknya kapsul. Setiap orang tetap memiliki privasi sendiri walau dikumpulkan dalam satu ruangan bersama.

“Di Jepang lebih ke konsep praktis awalnya tahun 1979 di Tokyo, sedangkan di Indonesia sendiri lebih berkembang ke arah turis,” ujar Travel Reviewer, Marvin Sulistio, yang ditemui di KINI Luxury Capsule, Kamis (19/7/2018).

Tak disangka ternyata tren di Indonesia berbeda dengan tren hotel kapsul di Jepang. Di Jepang hotel kapsul digunakan untuk beristirahat sehabis lembur kerja.

Tren hotel kapsul di Jepang lebih kepada murah dan praktis. Mereka lebih memilih untuk beristirahat di hotel kapsul dibandingkan pulang ke rumah dengan biaya yang jauh lebih mahal.

“Awalnya dari Jepang mereka kalau telat pulang kantor lebih memilih untuk menyewa hotel kapsul dekat dengan kantor dan paginya kembali bekerja lagi. Mereka juga berpikir bahwa biaya dan waktunya lebih hemat menginap disana dibandingkan biaya pulang ke rumah,” ujar pemilik salah satu hotel kapsul ‘KINI Luxury Capsule’ di Jakarta Utara, Miranda Haryanto, Kamis (19/7/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com