Kompas.com - 21/07/2018, 06:58 WIB

KOMPAS.com – Setelah singgah di Malang, rombongan pembawa api obor Asian Games 2018 melanjutkan perjalanan ke Bromo, Sabtu (21/7/2018). Api obor dibawa menuju puncak kawah Bromo pukul 03.00 dini hari.

Gunung Bromo berada di kawasan Karst Tengger, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bentangan gunung dengan latar belakang matahari terbit selalu menjadi keistimewaan yang diincar para wisatawan.

Para wisatawan rela bangun di pagi buta untuk menikmat detik-detik matahari mulai terbit. Terdapat beberapa spot yang bisa Anda kunjungi untuk melihat keindahan matarahi terbit di Bromo, seperti Bukit Dingklik, Bukit Cinta, Bukit Kongkog, dan Puncak Penanjakan.

Baca juga: Mengenal Tempat Persinggahan Api Obor Asian Games di Yogyakarta

Terdapat juga destinasi Laut Pasir, masyarakat sekitar menyebutnya Pasir Berbisik. Pasir Berbisik dahulunya merupakan padang pasir yang sepi hingga terdengar suara angin yang mengempas pasir, seperti bisikan.

Bukit Teletubbies di kawasan Gunung Bromo Tengger, Jawa Timur, Minggu (22/4/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bukit Teletubbies di kawasan Gunung Bromo Tengger, Jawa Timur, Minggu (22/4/2018).
Destinasi selanjutnya adalah Bukit Teletubbies, wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang bentangan karst hijau.

Baca juga: Bukit Mentigen, Lokasi Lihat Sunrise Gunung Bromo Tanpa Naik Hardtop

Api obor Asian Games juga akan singgah di Pura Luhur Poten yang berada di Bromo. Pura ini menjadi pusat ibadah bagi Suku Tengger yang tinggal di sekitar Gunung Bromo yang mayoritas beragama Hindu.

Wisatawan lokal dan mancanegara tetap naik ke bibir kawah Bromo untuk melihat ritual Yadnya Kasada, Kamis.(21/7/2016).KOMPAS.COM/ACHMAD FAIZAL Wisatawan lokal dan mancanegara tetap naik ke bibir kawah Bromo untuk melihat ritual Yadnya Kasada, Kamis.(21/7/2016).
Selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah kawah Bromo yang menjadi titik terakhir pendakian api obor Asian Games 2018.

Agar bisa sampai di puncak Anda harus mendaki Gunung Bromo menggunakan tangga yang dilengkapi pegangan besi. Butuh waktu satu jam saja untuk bisa sampai puncak. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.