Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gli, Kucing yang Hidup 14 Tahun di Hagia Sophia Turki

Kompas.com - 21/07/2018, 08:35 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hagia Sophia, salah satu bangunan bersejarah terkenal dunia di Turki ternyata memiliki penghuni tetap. Ia adalah kucing betina peranakan Eropa berbulu pendek bernama Gli.

Gli yang berarti 'persatuan dalam cinta' sampai memiliki akun Instagram yang memuat foto dan cerita tentang dirinya bermana @hagiasophiacat.

"Kucing ini benar-benar suka berpose," kata pemandu wisata Umut Bahceci yang membuatkan akun instagram @hagiasophiacat.

Umut mengatakan mencari Gli sangat mudah. Jika sedang ingin difoto dan bermain, kucing bertina ini akan berdiri di dekat pondok Muezzin. Namun jika sudah lelah atau malas bermain, Gli biasa akan duduk di tengah lantai marmer opmphalos.

Omphalos merupakan lantai para ksatria Byzantine dinobatkan, jadi tidak boleh ada turis yang melewati garis pembatas lantai omphalos.

Umut mengatakan Gli juga biasa memiliki tempat 'nongkrong' yang berbeda menyesuaikan musim. Di musim dingin Gli berdiri dekat cahaya proyektor, altar, dan mimbar dengan suhu yang hangat.

Kucing Gli diketahui lahir pada 2004, dengan dua saudra kucing lain bernama Pati dan Kizim. Pati sudah meninggal, sedangkan Kizim juga dapat ditemui di daerah ruang terbuka Hagia Sophia.

Saking terkenalnya Gli, ia juga pernah ditemui langsung oleh PM Turki R.Tayyip Erdogan dan Presiden ke 44 AS Barrack Obama saat kunjungan ke Hagia Sophia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com