Kompas.com - 21/07/2018, 17:00 WIB
Warung makan Kepala Manyung Selera bu Fat yang tersohor di Semarang, Kamis, (19/7/2018). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAWarung makan Kepala Manyung Selera bu Fat yang tersohor di Semarang, Kamis, (19/7/2018).


SEMARANG, KOMPAS.com - Siraman kuah panas dengan potongan cabai rawit yang melimpah di atas ikan asap gurih. Anda bisa menemukan sensasinya di Kepala Manyung Bu Fat.

Bagi yang gemar masakan pedas, salah satu kuliner yang melegenda di Semarang ini patut jadi menu makan siang Anda. Ya, Mangut Ikan Manyung ala Bu Fat.

Deretan mobil terparkir rapi hingga bahu jalan, resto Kepala Manyung bu Fat kerap disesaki pembeli di siang hingga sore hari. Baik yang di gerai pusat, Jalan Ariloka, maupun di cabangnya Jalan Raya Sukun, Banyumanik, Semarang.

Keringat terlihat mengucur dari tiap-tiap pelanggan yang semangat membelah sela-sela tulang manyung dengan tangannya. Selain pedas, sensasi makan kepala ikan dengan tangan, jadi daya tarik tersendiri di sini.

"Mau kerja kantoran, mau rapi, mau gimana pun kalau udah depan kepala manyung ini enaknya pada pake tangan langsung," tutur Winda Riskayani (26) pemilik cabang pertama Kepala Mangut Manyung Bu Fat kepada KompasTravel, di restonya, Kamis (19/7/2018).

Warung makan Kepala Manyung Selera bu Fat yang tersohor di Semarang, Kamis, (19/7/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Warung makan Kepala Manyung Selera bu Fat yang tersohor di Semarang, Kamis, (19/7/2018).
Winda Riskayani merupakan anak dari ibu Bekti, sekaligus cucu dari bu Fatimah Bu Fat sang penggagas resto sejak 1969. Kini Winda yang mengurus cabang pertama dari resto Kepala Manyung bu Fat, yang ada di Srondol.

Ikan manyung merupakan ikan laut yang dagingnya biasa digunakan untuk ikan asin jambal roti. Gurih dan padat dagingnya menjadi alasan bu Fatimah untuk mengolah kepala dan daging ikan ini.

Di resto ini ikan manyung didapat dari perairan Jepara, Cirebon, sampai Banyuwangi. Lalu ikan diasap di sentra pengasapan ikan Demak, untuk kemudian diolah dengan bumbu ala bu Fat.

"Cabe itu sehari bisa lima kilo buat manyung saja," tuturnya.

Warung makan Kepala Manyung Selera bu Fat yang tersohor di Semarang, Kamis, (19/7/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Warung makan Kepala Manyung Selera bu Fat yang tersohor di Semarang, Kamis, (19/7/2018).
KompasTravel sempat mencoba sajian kepala manyungnya bersama tim Kampung Legenda Mall Ciputra, karena bagan kepala inilah yang justru paling favorit. Dengan ukuran sebesar bola sepak, kepala manyung ini bisa untuk tiga sampai lima orang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.