Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Surabaya Jadi Kota Terbaik di Bidang Pariwisata

Kompas.com - 21/07/2018, 19:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Surabaya, Jawa Timur menjadi kota terbaik di bidang pariwisata versi Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018. Kota Surabaya dinilai memiliki komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah.

"Jadi penilaiannya sudah terlihat itu, kalau dari size dan pertumbuhan Surabaya tertinggi. Performasinya 40 persen," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya seusai memberikan penghargaan di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Menurut Arief, ada beberapa penilaian yang digunakan dalam penghargaan tersebut. Adapun empat indikator penilaian yaitu kinerja usaha pariwisata (akomodasi dan makan minum): PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) dan tenaga kerja, serta dampak/outcome (Data Statistik BPS, Indeks Pariwisata Indonesia, Indonesia’s Attractiveness Award, dan penghargaan berskala internasional dan Nasional.

"Jadi penilaiannya ada yang berdasarkan indeks BPS, laporan Kompas, dan Tempo," ujarnya.

Pada Penganugerahan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018, ditetapkan 10 Kabupaten terbaik, yaitu Kabupaten Badung, Kabupaten Sleman, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Bandung.

Sementara untuk 10 Kota terbaik ditempati oleh Kota Surabaya, Kota Denpasar, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Batam, Kota Yogyakarta, Kota Padang, Kota Makassar, Kota Balikpapan, Kota Palembang.

Adapun tim juri ajang Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 terdiri dari Didien Djunaedy (Ketua GIPI); Budi Faisal (Institut Teknologi Bandung); Gunawan (Kementerian Dalam Negeri); Adhi Wiriana (Badan Pusat Statistik)  dan Frans Teguh (Kementerian Pariwisata).

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 merupakan bentuk penghargaan kepada Kabupaten atau kota yang memiliki komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah. Award ini merupakan apresiasi bagi Pemerintah Daerah memiliki peran yang sangat besar untuk mengembangkan pariwisata daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com