Kompas.com - 23/07/2018, 09:40 WIB
Obyek wisata alam Lembah Sumilir di Dusun Milir RT 001/RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (22/7/2018). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIObyek wisata alam Lembah Sumilir di Dusun Milir RT 001/RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (22/7/2018).

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Lembah Sumilir merupakan satu dari beberapa obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Obyek wisata ini terletak di kaki Gunung Lawu bagian barat tepatnya di Dusun Milir RT 001/ RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso. Tidak heran jika kawasan ini berbukit-bukit.

Di Lembah Sumilir, Anda akan menemukan sebuah rumah hobbit seperti yang ada di kawasan Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga: Rumah Hobbit Magelang Ada di Taman Wisata Grenden Pakis

Rumah hobbit ini terbuat dari bahan bambu yang didesain sedemikian rupa sehingga bentuknya pun terlihat unik. Sehingga bisa dimanfaatkan pengunjung atau wisatawan untuk berswafoto (selfie).

Obyek wisata alam Lembah Sumilir di Dusun Milir RT 001/RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (22/7/2018).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Obyek wisata alam Lembah Sumilir di Dusun Milir RT 001/RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (22/7/2018).
Di samping rumah hobbit, pengunjung bisa menikmati pemandangan dan keindahan alam di sekitar Lembah Sumilir. Pepohonan yang rindang dan asri membuat kawasan ini semakin indah.

Baca juga: 5 Wisata Alam Menakjubkan di Ternate, Maluku Utara

Lembah Sumilir dilengkapi berbagai fasilitas seperti mushala, tempat istirahat, gazebo, tempat parkir kendaraan roda dua maupun roda empat, toilet dan aneka makanan atau kuliner yang dijajakan warga.

Tidak sulit untuk menemukan kawasan wisata Lembah Sumilir. Jarak dari Solo sekitar 39 kilometer dan bisa ditempuh sekitar 1 jam 14 menit perjalanan.

Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang dan biaya parkir Rp 2.000. Lembah Sumilir selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan.

Baca juga: Wisata Baru di Kota Batu, Ngukir Wisata Alam

Pengunjung yang datang ke Lembah Sumilir tidak hanya warga Karanganyar, tetapi juga dari luar wilayah Kabupaten Karanganyar. Mereka ingin menikmati pemandangan dan keindahan alam di Lembah Sumilir.

Obyek wisata alam Lembah Sumilir di Dusun Milir RT 001/RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (22/7/2018).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Obyek wisata alam Lembah Sumilir di Dusun Milir RT 001/RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (22/7/2018).
Seorang pengunjung asal Semarang, Andriya mengatakan, baru pertama kali datang Lembah Sumilir, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. Ia datang bersama keluarga untuk liburan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X