Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Waktu Terbaik Mengunjungi Taiwan

Kompas.com - 23/07/2018, 22:05 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Taiwan dapat menjadi destinasi pilihan jika ingin berlibur ke luar negeri. Ada banyak maskapai yang meyediakan penerbangan langsung dari Jakarta ke Taoyuan dengan waktu tempuh 5,5 jam.

Taiwan juga memiliki destinasi alam dan buatan yang menarik untuk dikunjungi. Kuliner, termasuk kuliner halal di Taiwan juga layak untuk dicicipi.

Namun untuk berkunjung ke Taiwan, baiknya mengetahui waktu terbaik. Jika salah waktu, Anda justru bisa terjebak di hotel lantaran taifun.

"Taiwan ini ada empat musim. Waktu terbaik mengunjungi Taiwan saat musim semi dan musim gugur," kata tour leader perjalanan KompasTravel ke Taiwan, saat di Lihpao Land, Taichung, beberapa waktu lalu.

Musim semi di Taiwan jatuh pada Maret sampai Mei. Suhu udara saat itu diperkirakan antara 15-22 derajat celcius.

Replika rumah adat suku asli Taiwan Formosan Aboriginal Culture Village.Kompas.com/Silvita Agmasari Replika rumah adat suku asli Taiwan Formosan Aboriginal Culture Village.

Untuk musim gugur jatuh pada September sampai November. Perkiraan suhu udara saat musim gugur berkisar 18-27 derajat celcius.

Waktu terbaik berkunjung ke Taiwan justru saat musim panas, sekitar Juni sampai Agustus dengan suhu udara 24-31 derajat celcius. Di beberapa daerah, kelembapan cukup tinggi sehingga menambah rasa panas.

Sebenarnya bukan suhu udara yang membuat kunjungan ke Taiwan tidak dianjurkan saat musim panas. Hal yang paling menghambat liburan Anda yaitu taifun yang langganan datang kala musim panas di Taiwan.

Siklon tropis Laut China Selatan ini jika sudah berkekuatan besar, menggangu aktivitas masyarakat Taiwan sampai perkantoran dan sekolah diliburkan. Otomatis juga mempengaruhi status operasional obyek wisata dan jadwal penerbangan.

Penduduk Taiwan sendiri punya aplikasi untuk mengetahui kapan taifun akan datang dan prediksi kekuatan taifun tersebut. Jadi pilihlah waktu terbaik untuk berkunjung ke Taiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com