Kompas.com - 24/07/2018, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Solo, Jawa Tengah akan menjadi tempat berkumpulnya maestro gamelan tingkat internasional. Mereka akan mengadakan berbagai acara menarik dalam rangkaian Internasional Gamelan Festival (IGF) 2018 mulai tanggal 9-16 Agustus 2018.

Dikutip dari siaran pers IGF 2018 yang diterima KompasTravel, sekitar 19 kelompok gamelan luar negeri dan 33 kelompok gamelan dalam negeri, serta belasan peneliti/ahli gamelan, akan "pulang kampung" ke Solo untuk tampil di rangkaian acara IGF 2018.

Rangkaian acara ini akan digelar 10 hari di beberapa tempat ikonik Solo, seperti Beteng Vastenburg, Slamet Riyadi, Dalem Joyokusuman, Lokananta, Bentara Budaya Solo, dan lainnya.

Kepala Pemasaran Dinas Pariwisata Solo, Kristina mengatakan selama acara wisatawan dapat berkunjung dan ikut menyaksikan rangkaian acara, terutama berbagai pertunjukannya.

"Bisa, untuk semua masyarakat bisa menikmati, free," tuturnya saat dihubungi KompasTravel, Senin (23/7/2018).

Berikut beberapa agenda acara menarik yang bisa diikuti wisatawan.

Koleksi gamelan yang ada di Museum Benda Kuno Keraton Kasepuhan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (29/3/2016).KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Koleksi gamelan yang ada di Museum Benda Kuno Keraton Kasepuhan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (29/3/2016).
1. Pertunjukan

Terdapat 6 Pertunjukan dalam Pergelaran “HomeComing” International Gamelan Festival 2018, mulai dari Opening Ceremony, Konser Gamelan Rakyat, Konser Keberagaman Gamelan, Konser Kelompok Manca Negara, Konser Utama dan Konser Gamelan Kraton.

Anak-anak Indonesia belajar gamelan di Kota Brussel.MADE AGUS WARDANA Anak-anak Indonesia belajar gamelan di Kota Brussel.

2. Konferensi

Keagungan gamelan dalam peranannya di lintas zaman akan dibahas dalam beberapa sesi konferensi di IGF 2018 nanti.

Konferensi internasional besarnya bertema “Gamelan Culture: Roots, Expression, and Worldview” akan menjelaskan sejarah persebaran peradabannya, interaksi kulturalnya antarkomunitas, konteks sosial-politik dan kepentingan-kepentingan, lingkungan alam, corak masyarakat dan kultur setempat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.