Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Barang yang Tetap Dibawa dari Rumah Meski Menginap di Hotel.

Kompas.com - 24/07/2018, 10:00 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hotel memang punya fasilitas yang lebih unggul ketimbang akomodasi lain, seperti hostel atau homestay. Biasanya tamu hanya perlu membawa pakaian, karena seluruh kebutuhan lain sudah disediakan hotel.

Namun tetap saja ada yang kurang dari apa yang disediakan hotel. Berikut lima barang yang sebaiknya tetap dibawa dari rumah saat menginap di hotel.

1. Alat dan krim cukur

Tidak semua hotel menyediakan alat dan krim untuk bercukur. Ada juga hotel yang hanya menyediakan alat cukur, tidak dengan krimnya, atau krim cukur yang disediakan sangat sedikit.

Jika memang ingin bercukur saat menginap di hotel, baiknya membawa alat dan krim cukur sendiri.

2. Sikat gigi

Setiap hotel biasanya memiliki standar sikat gigi yang sama. Berbentuk persegi panjang, kaku, dan berbulu sikat keras.

Meski tentu saja, ada hotel yang menyediakan sikat gigi bermerek atau berbulu halus. Untuk menghindari ketidaknyamanan saat menyikat gigi, tak ada salahnya membawa sikat gigi milik sendiri.

3. Sampo

Sabun dari hotel mungkin tidak terlalu berpengaruh pada tubuh, tetapi beda hal dengan sampo. Sampo di hotel tentu tidak disediakan menurut keadaan kulit kepala serta rambut Anda.

4. Air minum

Anda bisa bersyukur jika menginap di negara dengan air keran yang dapat diminum. Jika tidak pastikan untuk membawa air minum yang cukup untuk bermalam di hotel.

Rata-rata hotel hanya menyediakan dua botol air mineral ukuran sedang. Kondisi tersebut tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

5. Stop kontak universal

Stop kontak universal wajib dibawa jika menginap di hotel luar negeri. Banyak hotel bintang lima dan modern yang telah memiliki standar stop kontak universal di setiap kamar.

Namun untuk hotel lama, umumnya belum memiliki standar stop kontak universal.

Bawalah stop kontak universal dari rumah. Jika barang elektronik yang perlu diisi baterainya cukup banyak, bawalah stop kontak universal dalam jumlah lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com