Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Jitu Tak Kesepian saat Solo Traveling

Kompas.com - 26/07/2018, 10:05 WIB
Gaby Bunga Saputra,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kecemasan terbesar bagi solo traveler adalah merasa kesepian. Namun, Anda tidak perlu khawatir untuk melalui hari tanpa orang lain di negara lain yang akan Anda kunjungi.

Selain tidak kesepian, Anda juga bisa menambah pertemanan dengan macam-macam orang dari berbagai belahan dunia.

Dilansir dari LonelyPlanet, Rabu (25/7/2018), berikut tips agar tetap asyik dan tak kesepian berlibur pada saat solo traveling.

1. Gabung grup tur atau tur berjalan kaki         

Selain bisa mengenal tentang kota yang dikunjungi, tur berjalan kaki keliling kota juga membantu untuk membangun percakapan dengan pelancong lainnya. Tur berjalan kaki biasanya disediakan secara gratis.

Jika Anda beruntung mendapatkan kelompok kecil, pemandu wisata setempat akan memberikan kesempatan bagi tiap anggota untuk memperkanalkan diri dan asal masing-masing. Anda juga dengan mudah berbincang dengan peserta lain di sepanjang perjalanan.

Berhenti di perhentian untuk makan atau minum bersama juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersosialisasi.

2. Gunakan aplikasi penghubung wisatawan

Beberapa tahun terakhir telah banyak aplikasi yang dirancang untuk membantu wisatawan terhubung di jalan.

Bila Anda berpergian keluar negeri, terdapat aplikasi Tripr dan Backpackr yang bisa membantu Anda bertemu terlebih dahulu dengan orang-orang yang akan berpergian ke tujuan yang sama.

Terdapat juga aplikasi EatWith, memungkinkan Anda untuk menghadiri acara makan oleh koki lokal. Aplikasi Sofar Sounds menghubungkan Anda dengan musisi yang mengadakan pertunjungan di berbagai tempat.

3. Bentuk komunitas di hostel

Hostel tentunya sangat erat hubungannya dengan pelancong solo. Tidak jarang pelancong dari berbagai belahan dunia bertemu dalam hostel yang sama.

Gunakan ruang komunal yang disediakan oleh pihak hotel untuk membentuk komunitas. Kebanyakan hostel menyediakan ruang komunal yang ideal untuk menjalin ikatan sesama pelancong.

Jika tidak memilih menginap di hostel, periksa website hostel untuk mengetahui jadwal acara yang disediakan. Tur, makan malam, dan acara lain yang tersedia untuk non-tamu bisa jadi pilihan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com