10 Jenis Makanan Spesial yang Bisa Anda Pesan di Pesawat - Kompas.com

10 Jenis Makanan Spesial yang Bisa Anda Pesan di Pesawat

Kompas.com - 26/07/2018, 19:21 WIB
Hidangan khas Korea Selatan Bibimbap yang disajikan oleh Asiana Airlinea kepada penumpangnya.Dok. Asiana Airlines Hidangan khas Korea Selatan Bibimbap yang disajikan oleh Asiana Airlinea kepada penumpangnya.

KOMPAS.com - Hampir semua maskapai di dunia punya makanan spesial yang bisa dipesan oleh penumpang minimal 24 jam sebelum keberangkatan.

Makanan spesial bukan berarti porsi lebih besar atau lebih mewah, melainkan menyesuaikan dengan diet atau aturan agama penumpang. Qatar Airways, Emirates, British Airways, dan masih banyak maskapai lainnya menyediakan hidangan khusus seperti ini.

Kabar gembiranya, hidangan khusus biasanya tidak dipungut biaya lebih dan dihidangkan lebih awal dari makanan biasa. Apa saja jenis makanan itu?

1. Makanan anak-anak

Makanan untuk anak-anak biasanya menyajikan hidangan yang umum disantap anak, contohnya chicken nugget. Terkadang penyajiannya juga berbeda, makanan disusun dalam warna ceria atau bentuk lucu. Sehingga anak jadi lebih nafsu untuk bersantap.

2. Makanan halal

Dunia maskapai lebih mengenal 'Moslem meal' yang berarti makanan sama sekali tidak mengandung babi dan alkohol. Dagingnya juga biasa disembelih dengan ritual doa.

3. Vegetarian

Ada berbagai jenis hidangan vegetarian, dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misal:

Lacto ovo vegetarian tdak mengandung ikan atau hidangan laut. Biasa mengandung produk susu seperti butter atau keju juga telur.

Vegan sama sekali tidak menyajikan daging, telur, makanan mengandung susu, dan madu.

Asian/Hindu vegetarian tidak mengandung ikan, daging, dan telur. Biasanya disajikan hidangan dengan cita rasa lebih pedas.

4. Makanan Kosher

Alias makanan Yahudi, memenuhi semua persyaratan hidangan seperti daging yang disembelih dengan ritual doa, makanan kandungan susu yang tidak mengandung lemak hewani, dan beberapa jenis unggas.

5. Makanan bagi pengidap diabetes

Tidak mengandung gula sama sekali, biasanya untuk membantu menjaga gula darah dalam tubuh.

Hidangan nasi kuning saat dinikmati dalam pesawat Qantas rute Jakarta-Brisbane.KOMPAS.COM/SHIERINE WANGSA WIBAWA Hidangan nasi kuning saat dinikmati dalam pesawat Qantas rute Jakarta-Brisbane.

6. Bebas gluten

Tidak mengandung aneka tepung. Jadi tidak ada roti dan kue dalam hidangan tersebut.

7. Rendah lemak

Tinggi serat rendah lemak, cocok untuk yang sedang menjalani diet mengurangi bobot tubuh.

8. Rendah garam

Tidak mengandung garam, penyedam makanan, dan bubuk pengembang. Biasanya lebih banyak rempah dan bumbu.

9. Rendah laktosa

Tidak mengandung keju dan kandungan susu lainnya.

10. Makanan First Class

Jika ingin merasakan sensasi hidangan First Class walau duduk di kelas ekonomi atau bisnis, bisa saja. Namun tentu ada biaya lebih yang harus dibayar. Pemesanan umumnya dilakukan sebulan sampai sehari sebelum keberangkatan.


Komentar
Close Ads X