Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Makanan Spesial yang Bisa Anda Pesan di Pesawat

Kompas.com - 26/07/2018, 19:21 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hampir semua maskapai di dunia punya makanan spesial yang bisa dipesan oleh penumpang minimal 24 jam sebelum keberangkatan.

Makanan spesial bukan berarti porsi lebih besar atau lebih mewah, melainkan menyesuaikan dengan diet atau aturan agama penumpang. Qatar Airways, Emirates, British Airways, dan masih banyak maskapai lainnya menyediakan hidangan khusus seperti ini.

Kabar gembiranya, hidangan khusus biasanya tidak dipungut biaya lebih dan dihidangkan lebih awal dari makanan biasa. Apa saja jenis makanan itu?

1. Makanan anak-anak

Makanan untuk anak-anak biasanya menyajikan hidangan yang umum disantap anak, contohnya chicken nugget. Terkadang penyajiannya juga berbeda, makanan disusun dalam warna ceria atau bentuk lucu. Sehingga anak jadi lebih nafsu untuk bersantap.

2. Makanan halal

Dunia maskapai lebih mengenal 'Moslem meal' yang berarti makanan sama sekali tidak mengandung babi dan alkohol. Dagingnya juga biasa disembelih dengan ritual doa.

3. Vegetarian

Ada berbagai jenis hidangan vegetarian, dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misal:

Lacto ovo vegetarian tdak mengandung ikan atau hidangan laut. Biasa mengandung produk susu seperti butter atau keju juga telur.

Vegan sama sekali tidak menyajikan daging, telur, makanan mengandung susu, dan madu.

Asian/Hindu vegetarian tidak mengandung ikan, daging, dan telur. Biasanya disajikan hidangan dengan cita rasa lebih pedas.

4. Makanan Kosher

Alias makanan Yahudi, memenuhi semua persyaratan hidangan seperti daging yang disembelih dengan ritual doa, makanan kandungan susu yang tidak mengandung lemak hewani, dan beberapa jenis unggas.

5. Makanan bagi pengidap diabetes

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com