Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Scoot Luncurkan Fitur Chatbot untuk Pembelian Tiket Penerbangan

Kompas.com - 30/07/2018, 07:01 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Scoot meluncurkan chatbot, merupakan fitur yang membantu para penumpang melakukan pengiriman pesan atau chat melalui Facebook Messenger di halaman Facebook Scoot Singapura.

Chatbot tersebut dinamakan M.A.R.V.I.E. (Scoot’s Most Awesome and Resourceful Virtual Intern Ever) resmi diluncurkan sejak 23 Juli 2018.

Tidak hanya dapat menjawab pertanyaan konsumen tetapi juga dapat melakukan transaksi. M.A.R.V.I.E dibuat untuk membantu menjawab pertanyaan para konsumen.

Baca juga: Merasakan Terbang 12 Jam Nonstop Singapura-Berlin Bersama Scoot

Beberapa hal yang bisa dilakukan chatbot tersebut antara lain mencari jadwal penerbangan, menampilkan tarif dan ketersediaan penerbangan Scoot, memesan tiket, dan melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

Setelah diluncurkan, M.A.R.V.I.E telah melayani rata-rata 50 konsumen per hari, dan berhasil menjawab 37,5 persen pertanyaan yang datang dari Facebook.

“Sebagai maskapai pertama di Asia yang dapat melakukan pemesanan dan pembayaran melalui chatbot, kami ingin memudahkan konsumen mewujudkan rencana perjalanan mereka bersama Scoot melalui pendekatan mobile-first selain situs web dan aplikasi seluler,” kata Chief Commercial Officer Scoot, Vinod Kannan dalam keterangan tertulis.

Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah milik SIA Group terbang perdana ke Berlin, Jerman, Selasa (19/6/2018). Dua destinasi jarak jauh sebelumnya adalah Athena di Yunani dan Honolulu, Amerika Serikat yang diluncurkan tahun lalu. Vinod Kannan, Chief Commercial Officer Scoot (ketiga dari kanan) ikut serta dalam penerbangan tersebut.KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah milik SIA Group terbang perdana ke Berlin, Jerman, Selasa (19/6/2018). Dua destinasi jarak jauh sebelumnya adalah Athena di Yunani dan Honolulu, Amerika Serikat yang diluncurkan tahun lalu. Vinod Kannan, Chief Commercial Officer Scoot (ketiga dari kanan) ikut serta dalam penerbangan tersebut.
Untuk pertanyaan yang paling sering diajukan pada chatbot tersebut antara lain mengenai bagasi, program Scoot Insider, integrasi KrisFlyer, pencarian jadwal penerbangan dan pemesanan tiket.

Tidak hanya itu, rencananya M.A.R.V.I.E ini juga akan bisa menerima kode promo, membantu penumpang mengatur dan mengubah jadwal penerbangan.

Lalu juga chatbot akan bisa melayani penumpang untuk membeli produk tambahan seperti nomor kursi yang diinginkan dan asuransi penerbangan, memesan tiket interline dengan maskapai mitra, dan menerima lebih banyak metode pembayaran. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com