Gempa di Lombok, Kementerian Pariwisata Lakukan 3 Hal Ini

Kompas.com - 30/07/2018, 18:12 WIB
Gempa bumi bermagnitudo 6,4 mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/7/2018) pukul 05.47 WIB. Gempa menyebabka korban jiwa dan luka serta rusaknya rumah warga. dok. BNPBGempa bumi bermagnitudo 6,4 mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/7/2018) pukul 05.47 WIB. Gempa menyebabka korban jiwa dan luka serta rusaknya rumah warga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata menindaklanjuti gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan memberi informasi, pelayanan, dan kepastian kepada wisatawan yang berada di Lombok saat gempa, Minggu (29/7/2018).

"Beberapa negara sudah menghubungi Kemenpar. Dua diantaranya yang cukup agresif, ada Malaysia dan Thailand," jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya di setelah jumpa pers Hari Belanja Diskon Indonesia 2018 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Arief menyebutkan ada 20 pendaki asal Malaysia dengan korban satu pendaki meninggal di Gunung Rinjani.

"Sudah kita antar dan pulangkan, Insya Allah dari Garuda (Indonesia) sudah konfirmasi mau memulangkan," kaya Arief.

Jumlah pendaki Gunung Rinjani dari Thailand ada 182 orang, dengan info sampai Senin pagi (30/7/2018) ada 174 orang pendaki Thailand.

 Arief menyebut telah menunjuk perwakilan Kementerian Pariwisata di Lombok untuk crisis center.

"Peran Kemenpar memberi informasi yang sebenarnya, kedua memberi pelayanan kepada wisman dan wisnus. Pagi ini Dubes thailand juga ada di Lombok, ada crisis center juga," jelas Arief.

Terakhir, Kemenpar berperan memberi kepastian seperti kondisi bandara.

"Kalau di Bali diantar ke terminal terdekat. Hari pertama gratis, dua diskon. Ini baru pertama terjadi, tetapi kita sudah lakukan," kata Arief.

Free of charge atau gratis menginap menurutnya sudah dilakukan ke turis Malaysia.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X