Tips Membeli Kopi di Pasar "Online" Agar Tidak Tertipu - Kompas.com

Tips Membeli Kopi di Pasar "Online" Agar Tidak Tertipu

Kompas.com - 31/07/2018, 16:31 WIB
Dua jenis kopi Indonesia terpilih sebagai suguhan Caribou Coffee di seluruh gerai di dunia. Dua jenis kopi tersebut adalah Sumatera (single origin) dan Mocha Java (blend antara Jawa, Yemen, Kosta Rika, dan Ethiophia). CARIBOU COFFEE Dua jenis kopi Indonesia terpilih sebagai suguhan Caribou Coffee di seluruh gerai di dunia. Dua jenis kopi tersebut adalah Sumatera (single origin) dan Mocha Java (blend antara Jawa, Yemen, Kosta Rika, dan Ethiophia).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini beragam jenis kopi nusantara mulai dari Gayo, Aceh hingga Wamena, Papua bisa didapatkan di pasar online. Namun, ada hal yang harus diperhatikan agar tidak tertipu dan mendapat barang yang baik.

Pembelian secara online memang masih dirasa "abu-abu", peluang penipuan yang merugikan konsumen masih tetap ada. Namun, bukan berarti pasar online terutama untuk penjualan kopi sepi, justru terus naik hingga saat ini.

Baca juga: Tren Membeli Kopi Indonesia via Online Terus Naik

Agar Anda terhindar dari penipuan saat membeli berbagai jenis kopi nusantara di pasar onlineCountry Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar membagikan tipsnya kepada KompasTravel saat acara Shopee X Anomali Coffee di gerai Anomali Coffee Menteng, Jakarta, Jumat (27/7/2018).

"Sebenarnya banyak fitur online yang bisa dimanfaatkan supaya gak tertipu, juga ada beberapa cara yang harus diperhatikan," tuturnya.

Beberapa jenis kopi khas Kecamatan Sipirok, Tapanuli bagian Selatan, Sumatera Utara.KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Beberapa jenis kopi khas Kecamatan Sipirok, Tapanuli bagian Selatan, Sumatera Utara.
Pertama, menurutnya sebelum membeli lihat fitur rating dalam toko online yang biasanya berupa bintang, atau pun persentase. Rating tersebut menggambarkan performa toko yang dinilai langsung oleh pelanggan.

Baca juga: Tak Hanya Sehat, Ini Alasan Kopi Lebih Baik Tidak Pakai Gula

Kedua, Anda bisa mengukur lamanya pengiriman. Saat Anda membeli kopi ataupun makanan lainnya, harus mengukur estimasi berapa lama kopi bisa sampai ke tempat Anda.

"Itu pengaruhi kesegaran biji kopinya. Idealnya dua sampai empat hari pengiriman, usahakan tidak lebih untuk makanan, sehingga tetap segar. Kalau di Jabodetabek bisa same day (pengiriman di hari yang sama)," tuturnya.

Baca juga: Cafflano, Alat Seduh Sederhana untuk Kopi Nusantara

Selanjutnya, yang paling krusial dan paling harus diperhatikan ialah testimonial pembeli sebelumnya. Rezki mengatakan hal tersebut biasanya sangat mempengaruhi keputusan pembelian di akhir.

"Karena terlihat mulai kualitas barang, packaging, sampai teknis lainnya," kata Rezki.

Meski keberadaan kopi lanang tak seterkenal kopi luwak, namun ternyata harganya bersaing dengan harga kopi luwak. Bahkan, pada jenis kopi lanang dari varietas kopi tertentu, harganya bisa jauh mengalahkan kopi luwak.KOMPAS.com/ M.Agus Fauzul Hakim Meski keberadaan kopi lanang tak seterkenal kopi luwak, namun ternyata harganya bersaing dengan harga kopi luwak. Bahkan, pada jenis kopi lanang dari varietas kopi tertentu, harganya bisa jauh mengalahkan kopi luwak.
Jika terjadi kesalahan baik pengiriman, jenis barang dan lainnya, harusnya pasar online memiliki sistem pembayaran ke penjual setelah konsumen merasa puas. Sehingga saat masih ada komplain atau kesalahan, pihak pasar online bisa membantu pelanggan dan menahan pembayarannya.

"Di Shopee seller dibayar saat konsumen sudah terpuaskan, jadi kalau ada kesalahan atau barang tidak sampai, market place bisa membantunya," papar Rezki.

Terakhir, pertimbangkan brand yang mejual kopi tersebut. Jika orang sudah sering beli di toko offline-nya, maka akan cenderung lebih percaya di dunia online-nya. 



Close Ads X