5 Rekomendasi Aktivitas saat Liburan di Cirebon selain ke Keraton - Kompas.com

5 Rekomendasi Aktivitas saat Liburan di Cirebon selain ke Keraton

Kompas.com - 02/08/2018, 18:30 WIB
Tembok Retak yang instagramable, terdapat pada salah satu sisi bangunan dari Toko Pesona Batik, Cirebon. Dok. Toko Pesona Batik Tembok Retak yang instagramable, terdapat pada salah satu sisi bangunan dari Toko Pesona Batik, Cirebon.


JAKARTA, KOMPAS.com – Bingung ingin habiskan waktu akhir pekan kemana? Nah, Cirebon mungkin bisa jadi salah satu pilihannya. Dari Jakarta, Anda bisa menempuh melalui tol Jakarta – Cikampek – Palimanan.

Biasanya wisatawan yang pelesiran ke Cirebon akan memilih aktivitas dengan berkunjung ke keraton atau makam wali.

Akan tetapi tak hanya itu, di Cirebon ada beberapa destinasi wisata kekinian yang bisa dikunjungi wisatawan dalam waktu satu hari, seperti berikut ini.

1. Berfoto di tembok retak yang Instagramable

Untuk wisatawan yang ingin mencari spot instagramable, tak perlu khawatir karena di Cirebon juga ada spot tersebut. 

Beberapa bangunan tua biasanya dipilih menjadi spot instagramable. Nah, salah satunya adalah gedung yang dulunya adalah gudang tua milik pegadaian. 

Gedung tersebut kini menjadi sebuah toko batik bernama Toko Pesona Batik. Toko tersebut telah didesain seperti tembok tua yang telah rapuh di salah satu sisinya yang bisa menjadi spot foto instagramable

Peserta saat belajar membatik di BT Batik Trusmi yang menyediakan wisata edukasi belajar membatik serta dibimbing langsung oleh pembatik tradisional asli Cirebon. Dok. BT Batik Trusmi Peserta saat belajar membatik di BT Batik Trusmi yang menyediakan wisata edukasi belajar membatik serta dibimbing langsung oleh pembatik tradisional asli Cirebon.

2. Ikut membatik di Batik Trusmi

Batik di Cirebon masih dijaga kelestariannya oleh masyarakat Cirebon. Motif khasnya yakni motif awan yang biasa disebut batik mega mendung.

Selain membeli batik khas Cirebon, wisatawan bisa ikut belajar untuk membatik. Nantinya wisatawan akan diajarkan oleh pembatik tradisional asli Cirebon.

3. Membeli oleh-oleh

Salah satu yang bisa dijadikan buah tangan dari Cirebon adalah Kaos Kiris. Di Cirebon, kata kiris adalah salah satu umpatan yang sering dilontarkan seseorang.

Kaos ‘Kiris’ ini merupakan karya seni asli dari “Cah Cirebon” atau anak muda Cirebon. Wisatawan juga bisa bisa mendapatkan koleksi kaus bercorak batik.

Empal Gentong, salah satu menu andalan dari Batik Kitchen, Cirebon yang disajikan di dalam Gentong. Dok. Batik Kitchen Empal Gentong, salah satu menu andalan dari Batik Kitchen, Cirebon yang disajikan di dalam Gentong.
4. Mencicipi makanan khas

Masih tentang batik, tak hanya kain yang bisa Anda dapatkan, tetapi juga bisa menikmati interior sebuah restoran bernuansa batik. 

Selain keunikan interiornya, terdapat beragam makanan khas Cirebon yang bisa dicicipi, seperti nasi lengko, empal gentong, dan tahu gejrot. Batik Kitchen berada di Jalan Syekh Datul Kahfi, Kabupaten Cirebon.

5. Belanja kue bercorak batik

Buah tangan lainnya yang bisa Anda beli yakni kue kekinian. Di Cirebon sendiri terdapat kue kekinian bercorak batik dari Toko Cirebon Kelana. Anda pun bisa mendatangi toko tersebut yang terletak di jalan Siliwangi, Cirebon.



Close Ads X