Wisata "Hutan Anggrek" di Lembang, Bandung, Mau?

Kompas.com - 03/08/2018, 08:10 WIB
Orchid Forest, Lembang, Bandung, Rabu (1/7/2018). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAOrchid Forest, Lembang, Bandung, Rabu (1/7/2018).

BANDUNG, KOMPAS.com - Di tengah keindahan alam Kabupaten Bandung, ada satu obyek wisata untuk Anda pencinta anggrek, yaitu Orchid Forest di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Di dalam Area yang termasuk wilayah Perhutani seluas 14 hektar, wisatawan bisa melihat ratusan anggrek yang terdiri sekitar 50 jenis. Diantaranya ditempatkan pada puluhan pinus yang berderet.

KompasTravel, sempat berkunjung menikmati keindahannya saat Fam Trip bersama Kementerian Pariwisata ke Kabupaten Bandung, Rabu (1/7/2018).

Wisatawan akan dibawa berkeliling joging trek menelusuri hutan-hutan pinus berparasit anggrek yang 80 persennya berasal dari Nusantara.

Selain menikmati anggrek wisatawan juga bisa belajar serba serbi anggrek, di Orchid Forest, Lembang, Bandung, Rabu (1/7/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Selain menikmati anggrek wisatawan juga bisa belajar serba serbi anggrek, di Orchid Forest, Lembang, Bandung, Rabu (1/7/2018).
Di sepanjang jalan pun akan Anda temui beberapa titik menarik seperti jembatan kayu, spot-spot foto, kedai kopi, hingga rumah kelinci-kelinci.

Bagi yang membawa anak, tersedia juga berbagai mainan rekreasi keluarga seperti komidi putar, ayunan, jungkat jungkit dan lainnya.

"Kami punya pusat rumah anggrek, did alamnya ada anggrek langka, seperti tempat pameran anggrek kita," tutur Bagus Maulana, Marketing Executive Orchid Forest saat memandu para jurnalis pariwisata.

Rumah kaca seluas 200 meter persegi tersebut berisikan hampir seluruh koleksi terbaik anggrek yang dimiliki obyek wisata tersebut. Rumah kaca terdiri dari kawasan pusat kegiatan anggrek, pembibitan hingga pameran.

Wisatawan berswafoto dalam orchid house di Orchid Forest, Lembang, Bandung, Rabu (1/7/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan berswafoto dalam orchid house di Orchid Forest, Lembang, Bandung, Rabu (1/7/2018).
Berbagai tanaman di dalamnya sangat tertata. Wisatawan dibawa menelusuri jejak-jejak anggrek unik.

"Di sini mulai dari anggrek papua, anggrek sumatera, anggrek kalimantan, mayoritas dari Indonesia. Tetapi banyak dari luar negeri juga, kaya US ada (anggrek) Black Magic atau Fredclarkeara After Dark, dan Catelia dari Jerman," jelas Senia Mulyana, selaku staff ahli angrek di Orchid Forest kepada KompasTravel.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X